Kompas TV internasional kompas dunia

Ini Reaksi Berbagai Negara Mendengar Temuan Varian Baru Covid-19 B.1.1.529 di Afrika Selatan

Sabtu, 27 November 2021 | 01:05 WIB
ini-reaksi-berbagai-negara-mendengar-temuan-varian-baru-covid-19-b-1-1-529-di-afrika-selatan
Orang-orang menunggu untuk divaksinasi di pusat perbelanjaan, di Johannesburg, Afrika Selatan, Jumat 26 November 2021. Ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengadakan sesi khusus hari Jumat, 26 November 2021 untuk membahas informasi tentang varian baru yang mengkhawatirkan dari vaksin coronavirus yang telah muncul di Afrika Selatan (Sumber: AP Photo)

BRUSSELS, KOMPAS.TV - Penemuan varian baru virus corona membuat sebagian besar dunia kelabakan. Berbagai negara berlomba menghentikan perjalanan udara, sementara pasar bursa anjlok dan para ilmuwan mengadakan pertemuan darurat untuk mempertimbangkan risiko yang tepat, yang sebagian besar tidak diketahui.

Pakar medis, termasuk WHO memperingatkan agar tidak bereaksi berlebihan sebelum varian yang berasal dari Afrika selatan itu dipahami dengan lebih baik. Tetapi dunia yang gelisah mengkhawatirkan yang terburuk hampir dua tahun setelah Covid-19 muncul dan memicu pandemi yang telah menewaskan lebih dari 5 juta orang di seluruh dunia.

Sekretaris Kesehatan Inggris Sajid Javid mengatakan kepada anggota parlemen, bahwa varian terbaru mungkin lebih menular daripada varian Delta dan membuat vaksin kurang efektif.

“Kita harus bergerak cepat dan secepat mungkin,” kata Javid.

Beberapa negara bergerak untuk menghentikan perjalanan udara dari Afrika selatan, sementara itu bursa saham di Asia, Eropa dan Amerika Serikat anjlok.

Dow Jones Industrial Average turun 800 poin pada awal perdagangan. Harga minyak anjlok 7 persen.

Baca Juga: Mengenal Varian Baru Covid-19 Botswana B.1.1.529 yang Sudah Terdeteksi di Hong Kong

Pengunjung sebuah mal di Johannesburg, Afrika Selatan. Peneliti di Afrika Selatan baru saja menemukan varian baru virus Corona penyebab infeksi Covid-19 yang menurut mereka mengkhawatirkan karena punya mutasi virus yang tinggi (Sumber: AP Photo)

"Hal terakhir yang kami butuhkan adalah membawa varian baru yang akan menyebabkan lebih banyak masalah," kata Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn di tengah lonjakan besar kasus di 27 negara Uni Eropa, yang merekomendasikan larangan penerbangan dari Afrika selatan.

Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen mengatakan, "Penerbangan harus ditangguhkan sampai kita memiliki pemahaman yang jelas tentang bahaya yang ditimbulkan oleh varian baru ini, dan pelancong yang kembali dari wilayah ini harus menghormati aturan karantina yang ketat."

Dia bersikeras untuk sangat berhati-hati, dan memperingatkan bahwa mutasi dapat menyebabkan situasi menjadi lebih gawat dan penyebaran varian virus yang lebih mengkhawatirkan dapat menyebar ke seluruh dunia dalam beberapa bulan.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:50
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19