Kompas TV regional kriminal

Aksi Tipu-Tipu ASN Pemkot Surabaya kepada 9 Warga hingga Rp1,3 Miliar

Jumat, 26 November 2021 | 20:09 WIB
aksi-tipu-tipu-asn-pemkot-surabaya-kepada-9-warga-hingga-rp1-3-miliar
Ilustrasi. Seorang aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berinisial TR diduga menipu sejumlah warga Surabaya dengan kerugian mencapai Rp1,3 miliar. (Sumber: THINKSTOCKS)

SURABAYA, KOMPAS.TV - Seorang aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berinisial TR diduga menipu sejumlah warga Surabaya dengan kerugian mencapai Rp1,3 miliar. Penipuan itu bermodus iming-iming atau menjanjikan korban menjadi ASN.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya Kompol Mirzal Maulana membenarkan adanya sembilan korban penipuan yang diduga dilakukan TR, salah seorang ASN Pemkot Surabaya.

“Kasus ini masih diselidiki Unit Tipikor Satreskrim karena kami baru menerima laporannya,” ujar Mirzal, dikutip dari Kompas.com, Jumat (26/11/2021).

Baca Juga: Nataru, Gibran Larang ASN Cuti

Kasus dugaan penipuan itu terungkap ketika seorang pelapor berinisial ED mengadu kepada radio Suara Surabaya, Kamis (25/11/2021). Dari aduan itu terungkap, TR merupakan pelanggan taksi online ED pada Mei 2021.

TR menawari ED untuk menjadi ASN dengan status mutasi dari Jakarta ke Surabaya pada Juli 2021. Ia meminta ED membayar Rp150 juta. ED rela menjual rumah warisannya dan membayar Rp300 juta untuk dua orang.

TR sempat mengirim uang via transfer kepada ED dan istrinya sebesar Rp4,7 juta sebanyak tiga kali. ED juga pernah menghubungi TR menanyakan perekrutan menjadi ASN, namun TR hanya bisa berjanji. ED mengaku TR sebenernya sudah sempat ditangkap Polsek Pakal, namun dilepaskan kembali.

Sementara, Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara mengaku sudah menerima laporan dari salah seorang warga terkait dugaan penipuan perekrutan ASN.

“Karena ranah pidana, kami belum bisa bergerak jika belum ada keputusan dari penegak hukum,” ucap Febri.

Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Surabaya juga hanya bisa memberikan sanksi kepada ASN dari sisi kepegawaian. Pemberhentian sementara  boleh dilakukan pemkot apabila seorang ASN ditahan oleh aparat penegak hukum untuk proses ke pengadilan.

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Sosialisasi Vaksinasi Anak

Rabu, 26 Januari 2022 | 21:22 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
21:41
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19