Kompas TV internasional kompas dunia

Kisah di Balik Foto Ikonik Gadis Afghanistan Bermata Hijau di Majalah National Geographic

Kompas.tv - 26 November 2021, 18:34 WIB
kisah-di-balik-foto-ikonik-gadis-afghanistan-bermata-hijau-di-majalah-national-geographic
Foto yang diambil pada 26 Oktober 2016 ini memperlihatkan wajah Sharbat Gulla, si gadis pengungsi Afghanistan bermata hijau dengan tatapan tajam menusuk di sampul depan majalah National Geographic edisi tahun 1985. (Sumber: AP Photo/B.K. Bangash, File)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

NEW YORK, KOMPAS.TV – Tak banyak yang kenal dengan nama Sharbat Gulla, namun wajahnya terasa sangat akrab.

Foto wajah gadis Afghanistan bermata hijau hasil jepretan wartawan perang Steve McCurry itu terpampang di halaman sampul majalah National Geographic edisi Juni 1985.

Foto yang dikenal dengan sebutan Gadis Afghanistan itu akhirnya menjadi foto paling terkenal dalam sejarah majalah National Geographic.

Tatap tajam mata hijau Gulla seolah merangkum tragedi Afghanistan dan kehormatan rakyatnya di hadapan perang dan pengungsian. 

Di tahun 1984, McCurry yang mulai kondang sebagai fotografer dokumenter itu mendapat penugasan dari majalah National Geographic untuk meliput kamp-kamp pengungsian yang menjamur di sepanjang perbatasan Afghanistan – Pakistan.

Saat berjalan di sekitar kamp pengungsi di Nasir Bagh, McCurry masuk ke sebuah tenda yang digunakan sebagai sekolah perempuan.

Ia pun meminta izin sang guru untuk mengamati dan mengambil foto.

Baca Juga: Masih Ingat Gadis Afghanistan Bermata Hijau di Sampul Majalah National Geographic? Ini Nasibnya Kini

Gadis 12 Tahun Bermata Tajam yang Pemalu

Saat mengamati sekelompok gadis muda Afghanistan, matanya tertambat pada seorang gadis di pojok tenda dengan sorot mata tajam menusuk. 



Sumber : artspace.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x