Kompas TV bisnis kebijakan

Luhut Jawab Pengusaha yang Tolak PPKM Level 3 Saat Nataru

Jumat, 26 November 2021 | 16:14 WIB
luhut-jawab-pengusaha-yang-tolak-ppkm-level-3-saat-nataru
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan penerapan PPKM level 3 selama Natal dan tahun baru untuk mencegah ledakan kasus Covid setelah liburan usai. (Sumber: Akun Instagram Luhut Binsar Pandjaitan)

DENPASAR, KOMPAS.TV - Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, penetapan status PPKM Level 3 pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 demi kepentingan bersama.

Luhut menyatakan, aturan itu diterapkan agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 seperti yang terjadi di kawasan Eropa. Menurutnya, jika pemerintah tidak membuat aturan apapun saat Natal dan Tahun Baru, dikhawatirkan akan terjadi ledakan kasus Covid-19 gelombang ketiga.

Lantaran momen Natal dan Tahun Baru biasanya masyarakat berkumpul untuk merayakannya.

"Pemerintah itu pasti dalam konteks melindungi rakyatnya. Jadi, kalau enggak ada aturan bebas merdeka, bebas merdeka juga sakit kena kamu," kata Luhut kepada Kompas TV, dalam kunjungan kerjanya di Denpasar, Bali, Jumat (26/11/2021).

Baca Juga: Beredar Kabar Bandara Kualanamu Mau Dijual, Ini Kata Angkasa Pura II

Luhut pun meminta pengusaha memilih dengan cermat, apakah lebih baik mengikuti aturan dengan jaminan aman dari ledakan kasus Covid, atau bebas tanpa aturan namun gelombang ketiga Covid mengintai.
     
"Sekarang tuh ada sedikit dibikin aturan aman atau sakit enggak dibikin aturan, pilih mana?" ujar Luhut.

Sebelumnya, Ketua Aliansi Pelaku Pariwisata Marginal Bali (APPMB) I Wayan Puspa Negara meminta pemerintah mempertimbangkan kembali penerapan status PPKM Level 3 saat periode Nataru.

"Informasi dari Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang bilang bahwa demi mencegah kerumunan dan pembatasan kegiatan masyarakat di akhir tahun akan diberlakukan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia, tentu bagi Bali, sangat aneh dan nyeleneh," tutur Puspa Negara kepada Kompas TV, Kamis (25/11/2021).

Baca Juga: Luhut: 126 Hari Covid Indonesia Betul-betul Terkendali

Ia menjelaskan, APPMB terdiri dari pekerja pariwisata harian, guide freelance, sopir freelance, penjual souvenir, pemijat, pedagang lapak, penjaga destinasi tempat wisata, kusir dokar, atraksi musiman, hingga supplier dan petani.

Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Guru Honorer Penjual Perkutut #shorts

Jumat, 26 November 2021 | 16:08 WIB
Berita Daerah

Banjir Masih Genangi Ratusan Rumah

Jumat, 26 November 2021 | 16:07 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
16:16
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19