Kompas TV tekno internet

Mengenal Potensi Kejahatan Social Engineering dari Fitur Add Yours Instagram, Apa Itu?

Kompas.tv - 26 November 2021, 16:44 WIB
mengenal-potensi-kejahatan-social-engineering-dari-fitur-add-yours-instagram-apa-itu
Tren sticker Add Yours di Instagram Stories. Pengguna bebas memasukkan apa saja untuk menjawab tantangan, termasuk data pribadi. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar Teknologi Informasi (TI) Universitas Gadjah Mada (UGM) Ridi Ferdiana menyebutkan fitur stiker Add Yours di Instagram berisiko mencuri data pribadi pengguna. Sebab, dalam fitur yang sedang menjadi tren itu, pengguna diminta menyebutkan data pribadi seperti nama panggilan, tanggal lahir, tanda tangan, dan sebagainya.

Menurut Ridi, Instagram melalui challenge atau tantangannya itu sebenarnya ingin meningkatkan komunikasi dan interaksi sesama pengguna.

“Hal ini penting sekali bagi pemegang brand, perusahaan, atau figur yang hendak meningkatkan follower atau lalu lintas komunikasi,” ujarnya, Jumat (26/11/2021).

Tantangan yang diberikan itu membuat pengguna yang tertarik mengikuti  dan mengunggah data-data pribadi yang sebenarnya hanya untuk digunakan kegiatan privat seperti perbankan dan kegiatan legal lainnya.

Baca Juga: Mulai 2023, Layanan Pesan di Facebook dan Instagram Baru akan Dilindungi Fitur Enkripsi

Ia mengungkapkan, informasi yang dibagikan dalam tantangan tersebut dapat diakses orang lain dan ada peluang digunakan untuk hal yang tidak bertanggung jawab atau justru membuka celah kejahatan social engineering

Social Engineering atau rekayasa sosial menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berupa penggunaan sarana penipuan untuk mendapatkan akses terhadap sistem komputer yang dilindungi oleh kata kunci atau identitas pengguna. Pelaku penipuan memanfaatkan kelengahan korban untuk mencari data pribadi dari korban. Lalu data yang diperoleh tersebut bisa dimanfaatkan pelaku untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

"Pada kasus Instagram, social engineering dilakukan dengan secara tidak sengaja memberikan tantangan yang sifatnya tidak serius seperti nama panggilan, nama kucing, dan sebagainya,” ucap Ridi.

Meskipun demikian, data yang diunggah ke fitur Instagram itu tetap memberikan peluang penipuan, misal menggunakan nama kecil dan berpura-pura menjadi teman untuk menipu.

Baca Juga: WhatsApp Jajal Fitur Reaction di Android, Mirip dengan DM Instagram, Seperti Apa?

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.