Kompas TV video sinau

Kenali Beda Warna Feses dan Artinya Terkait Kondisi Kesehatan Tubuh

Minggu, 28 November 2021 | 17:00 WIB

KOMPAS.TV - Tubuh memerlukan energi untuk beraktivitas, salah satunya diperoleh dari makanan. Makanan yang masuk ke dalam tubuh diolah oleh lambung, kemudian nutrisi baiknya diedarkan ke seluruh tubuh.

Sementara sisa-sisa makanan yang diproses di dalam usus nantinya akan menjadi feses, yang dikeluarkan dari tubuh saat buang air besar (BAB).

Pada umumnya, feses dapat dikeluarkan dari tubuh sebanyak 1 atau 2 kali dalam sehari. Sementara berat feses yang dibuang orang dewasa rata-rata mencapai 100-250 gram per hari.

Tahukah kamu, ternyata warna feses yang berbeda dapat menandakan adanya gangguan pada kesehatan tubuh.

Umumnya, feses yang sehat dan normal memiliki warna kecokelatan. Hal ini menandakan bahwa makanan diserap dengan sempurna oleh tubuh dan diproses dengan tepat oleh sistem pencernaan.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Anggur untuk Tubuh, Termasuk Bantu Kesehatan Otak

Berikut penjelasan singkat tentang arti warna feses bagi kesehatan yang perlu dipahami:

1. Warna merah terang, bisa menandakan adanya pendarahan di saluran usus yang lebih rendah seperti usus besar atau rektum akibat wasir.

2. Warna hitam, bisa menandakan adanya luka atau pendarahan di saluran pencernaan bagian atas seperti lambung atau kerongkongan. Selain itu, feses berwarna hitam juga bisa disebabkan oleh konsumsi makanan atau obat yang mengandung zat besi.

3. Warna kuning, berminyak, dan berbau menyengat. Hal ini dapat menandakan adanya kelebihan lemak di dalam feses dan gangguan penyerapan makanan.

4. Warna putih atau pucat, bisa menjadi tanda adanya kemungkinan masalah pada empedu, sehingga produksi cairan empedu tidak cukup untuk mengurai makanan.

5. Warna hijau, bisa menandakan kemungkinan penyakit diare karena makanan terlalu cepat dicerna sehingga tidak diserap dengan sempurna.

Selain itu, feses berwarna hijau juga dapat disebabkan oleh konsumsi sayuran hijau dalam jumlah banyak.

(*)

Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya

Sumber : diolah dari berbagai sumber



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:48
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19