Kompas TV regional berita daerah

Prihatin, Gedung SDN Rusak Puluhan Tahun Tak Diperbaiki

Kompas.tv - 26 November 2021, 14:13 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

GROBOGAN, KOMPAS.TV - Ruang kelas di Sekolah Dasar Negeri 4 Ngraji, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan rusak parah. Ruang kelas yang dibangun pada tahun 1981 ini, kini kondisinya nyaris ambruk dan tidak bisa digunakan lagi. Kerusakan ruang kelas sudah terjadi sejak tahun 1995 silam.

Hingga kini atap ruang kelas sudah berlubang. Kayu-kayu bangunan juga sudah lapuk. Pihak sekolah terpaksa menyangga bangunan dengan bambu agar tidak roboh. Pihak sekolah juga sudah beberapa kali mencoba memperbaiki seadanya agar bisa digunakan belajar mengajar saja. Namun karena kondisi bangunan yang sebagian besar terbuat dari kayu dan makin lapuk akhirnya dua ruang kelas tersebut kini tidak lagi digunakan.

SD Negeri 4 Ngraji belum mendapatkan surat izin untuk menggelar pembelajaran tatap muka. Namun jika izin sudah dikantongi pihak sekolah mengaku khawatir akan keselamatan siswa. Pihak sekolah berharap pemerintah memperbaiki dan membangun ruang kelas baru. Agar para siswa dapat melaksanakan pembelajaran dengan layak dan nyaman.

"Ini sudah rusak semua mas. Ini bangunan tahun 1981 direhab sekitar tahun 1985, sampai sekarang belum ada rehab lagi," ujar Sri Soelatri, Kepala SDN 4 Ngraji.

Sejak awal ada kerusakan pihak sekolah mengaku sudah berkali-kali mengajukan perbaikan pembangunan gedung sekolah. Namun bangunan yang dibangun sejak tahun 1980-an ini belum juga diperbaiki. Dan kini kondisinya nyaris roboh termakan usia. Akibat kondisi sekolah rusak beberapa siswa bahkan sempat pindah sekolah karena takut dengan kondisi bangunan sekolah yang tidak layak.

#sekolahrusak #sdn4ngraji #purwodadi

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.