Kompas TV regional berita daerah

Pecel Colada, Minuman Segar dari Sambal Pecel

Kompas.tv - 26 November 2021, 12:58 WIB
Penulis : Edika ipelona

SOLO, KOMPAS.TV - Sebuah hotel di Solo, Jawa Tengah berkreasi dengan kuliner khas nusantara. Dan kali ini mereka mengolah sambal pecel menjadi minuman lezat yang menyegarkan. Dipadukan dengan karak atau kerupuk beras, minuman ini memiliki cita rasa unik pedas, manis, serta gurih.

Pecel colada, itulah nama minuman hasil racikan Hotel Sunan Solo, Jawa Tengah. Seperti namanya, minuman ini berbahan dasar sambal pecel. Sambal berbahan kacang, cabe, dan daun jeruk ini, lazimnya digunakan dalam makanan. Tapi ternyata juga bisa diolah menjadi minuman dingin yang menggugah selera.

Dicampur dengan sirup hazelnut, home-made salt, serta santan segar, sambal pecel diblender bersama es batu. Prosesnya cukup mudah, hanya harus memperhatikan takaran agar rasanya tidak terlalu pedas. Dengan ditambah karak atau kerupuk beras, pecel colada ini menarik minat para penikmat kuliner.

Baca Juga: Bumbu Pecel Instan Asal Malang Go International

Pecel colada ini terinspirasi dari pina colada, sejenis cocktail yang berbahan jus nanas, krim kelapa, serta rum. Hanya saja nanas diganti sambal pecel, sementara rum diganti sirup hazelnut. Sambal pecel dipilih karena memiliki cita rasa yang cukup unik.

Minuman unik ini dijual dengan harga Rp 25.000 per gelasnya. Bagi penikmat kuliner terutama menu perpaduan barat dengan tradisional, pecel colada tentu bisa menjadi salah satu pilihan.

Video Editor: Rengga Rinasty
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x