Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Siap-siap, BPS Akan Lakukan Sensus Penduduk Ulang di 2022

Kompas.tv - 26 November 2021, 12:23 WIB
siap-siap-bps-akan-lakukan-sensus-penduduk-ulang-di-2022
Ilustrasi - Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan Sensus Penduduk (SP) long form. (Sumber: Tangkap Layar Akun YouTube BPS Statistics)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan Sensus Penduduk (SP) long form. Sensus ini akan berlangsung bulan Mei hingga Juni 2022 mendatang yang merupakan lanjutan dari sensus Penduduk yang digelar pada 2020 lalu.

SP lanjutan ini, nantinya akan menghasilkan parameter demografi untuk proyeksi penduduk yang lebih valid.

Tak hanya itu, ada delapan data yang akan dihasilkan dari SP long form nantinya, yaitu karakteristik penduduk, migrasi, pendidikan dan komunikasi, disabilitas, ketenagakerjaan, fasilitas, moralitas, dan juga perumahan.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, SP long form  pada tahun depan akan menyasar kepada sekitar 4,3 juta sampel rumah tangga atau keluarga di kabupaten dan kota atau 268.431 blok sensus. Berbeda dengan tahun lalu, SP long form akan menggunakan lebih banyak variabel.

Baca Juga: Kabar Baik! BPS Sebut Angka Pengangguran Menurun Dibanding Agustus 2020

"Sensus di 2022 nanti berbeda dengan sensus penduduk 2020 yang variabelnya terbatas," kata Margo Yuwono, Kamis (25/11/2021), dikutip dari Kontan.co.id.  

BPS juga mulai melakukan Survei Biaya Hidup (SBH) pada tahun depan untuk memperbaharui asumsi konsumsi tahun dasar yang terakhir dilakukan pada 2018 lalu.

Nantinya, dari survei ini akan tampak komoditas baru untuk perhitungan indeks harga konsumen (IHK). Serta, pembaharuan SBH 2022 ini juga untuk mengetahui pola konsumsi masyarakat yang telah berubah, dan perlunya penyesuaian tahunan dasar inflasi akibat krisis.

Baca Juga: Tuntut Transparansi, Buruh Minta BPS Rilis Data Variabel Kenaikan UMP

 



Sumber : Kompas TV/Kontan.co.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x