Kompas TV nasional sosok

Ahmad Sahroni, Dulu Tukang Semir dari Tanjung Priok Kini Ketua Pelaksana Formula E

Kompas.tv - 26 November 2021, 08:45 WIB
ahmad-sahroni-dulu-tukang-semir-dari-tanjung-priok-kini-ketua-pelaksana-formula-e
Ahmad Sahroni dengan latar belakang mobil Ferrari ,(Sumber:Warta Kota-tribunnews -)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Teka-teka pelaksanaan balap mobil listrik internasional Formula E atau Jakarta E-Prix menemui titik terang. Setidaknya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sudah menunjuk Ahmad Sahroni sebagai ketua pelaksana. 


Keputusan tersebut diambil Anies setelah pertemuannya dengan Co-founder Formula E Alberto Longo, Direktur Utama PT Jakpro Widi Amanasto, Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo, dan Sekjen IMI Ahmad Sahroni di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/11/2021).

"Jadi kegiatan Formula E nanti diselenggarakan sebagai sebuah kolaborasi. Akan ada 'steering committee' yang dipimpin langsung Pak Bambang Soesatyo (Ketua Umum IMI), lalu 'organizing committee' yang dipimpin Pak Sahroni dan operasional pelaksanaan akan dikerjakan Jakpro," kata Anies dalam keterangan resminya, Kamis (25/11/2021). 

Baca Juga: Formula E, Anies Tunjuk Ahmad Sahroni Jadi Ketua Pelaksana, Bamsoet Ketua Pengarah

Pada kesempatan itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan persiapan untuk ajang internasional yang akan digelar 4 Juni 2022 tersebut berjalan baik.

Nama Ahmad Sahroni, selama ini lebih dikenal sebagai Wakil Ketua Komisi III yang membidangi masalah hukum, dengan mitra kepolisian, kejaksaan dan kementerian hukum dan HAM. 

Lelaki kelahiran Tanjung Priok 8 Agustus 1977 ini, meniti karirnya dari seorang pengusaha yang kemudian bergabung dengan Partai Nasdem.

Roni, sapaanya,  sudah dua periode di DPR, sejak 2014 hingga sekarang. Selain posisi di DPR yang sangat strategis, di DPP Nasdem pun posisinya tak kalah mentereng, sebagai Bendahara Umum.

Namun, siapa sangka, kehidupan masa lalu Roni yang terbilang jauh dari kemewahan hidup. Dia berasal dari keluarga sederhana. Untuk membantu beban keluarga, dia pun tak segan menjadi tukang semir sepatu di utara Jakarta yang dekat dengan kekumuhan.

Namun berkat kerja keras dan ketekunan, Roni berhasil lepas dari kemiskinan bahkan menjadi salah seorang pengusaha kaya. Dia pun didapuk menjadi Ketua Ikatan Ferrari Indonesia, klub pemilik mobil  dengan logo "kuda jingkrak", yang terkenal mewah dan mahal.

  

Baca Juga: Pastikan Formula E Terlaksana, Anies: Ini Pesan untuk Dunia, Kita Setara dengan Negara Lain


Dilihat dari situs partai nasdem, kepemimpinan Roni di tampuk klub elit itu, seakan memberi pesan, tak ada lagi ekslusivitas yang terikat pada kelas sosial di zaman modern ini. 

Siapa pun, dengan latar apa pun, bisa meraih apa saja ditawarkan oleh kemilau modernitas. “Asalkan dilakukan dengan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas, semuanya mungkin terjadi” ujarnya.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x