Kompas TV nasional politik

Meminta Arahan ke Jokowi Terkait Sirkuit Formula E, Bamsoet: Salahnya di Mana?

Kompas.tv - 26 November 2021, 08:58 WIB
meminta-arahan-ke-jokowi-terkait-sirkuit-formula-e-bamsoet-salahnya-di-mana
Ajang Balap Formula E (Sumber: FIA Formula E)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menyebut, penentuan lokasi sirkuit Jakarta E-Prix 2022 (Formula E) tetap akan dilakukan oleh pihaknya sebagai perpanjangan tangan dari Fédération Internationale de l'Automobile atau FIA.

Ia meluruskan pernyataan dirinya sebelumnya ihwal trek balapan mobil listrik itu akan diputuskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Kalau kemarin Alberto Longo sebagai Co-Founder sekaligus Chief Championship Formula E Operations (FEO), berharap dapat bertemu Presiden Joko Widodo atas permohonan Gubernur Anies Baswedan."

"(Pertemuan dengan Presiden Jokowi) untuk meminta arahan terkait lokasi mana yang paling tepat untuk lokasi sirkuit Formula-E mengingat ini adalah event internasional, salahnya di mana? Justru saya menilai hal itu merupakan bentuk penghormatan Alberto kepada Bapak Presiden sebagaimana dia melakukannya di beberapa negara," kata pria yang karib disapa Bamsoet itu dalam keterangan tertulis kepada Kompas TV, Jumat (26/11/2021). 

Baca Juga: Lokasi Balapan Mobil Formula E Tak Usah Dikaitkan Dengan Presiden, Wagub DKI: Tunggu Penelitian FEO

Ketua MPR ini menegaskan bahwa IMI berkepentingan menjaga kepercayaan organisasi otomotif dunia atas berbagai agenda balap internasional yang sudah ditetapkan di Indonesia dapat berjalan dengan baik.

"Masalah hukum bukan urusan kami. Silakan para penegak hukum memprosesnya sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku," ujarnya.

Politikus Partai Golkar itu menjelaskan, setidaknya ada lima lokasi pilihan, yakni Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), JIEXPO Kemayoran, kawasan Jakarta International Stadium (JIS), dan yang paling tepat adalah kawasan Ancol.

"IMI, Alberto, dan Jakpro yang nantinya akan bertanggung jawab mengambil keputusan dalam menentukan lokasi sirkuit Jakarta E-Prix 2022," katanya. 

Menurut dia, tidak sembarang untuk memilik lokasi bisa dijadikan sirkuit Formula E. Formula E memiliki keunikan tersendiri dibanding balapan sejenis lainnya karena menggunakan jalan raya di tengah kota.

Baca Juga: Anies Baswedan: Gelaran Formula E Adopsi Skema Kolaborasi IMI - Jakpro - FEO 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x