Kompas TV internasional kompas dunia

Kroasia Resmi Beli 12 Jet Tempur Canggih Rafale Prancis

Kompas.tv - 25 November 2021, 23:14 WIB
kroasia-resmi-beli-12-jet-tempur-canggih-rafale-prancis
Pemerintah Kroasia memilih jet Prancis setelah proses penawaran panjang yang mencakup penawaran untuk F-16 dari Amerika Serikat, pesawat JAS-39 Gripen dari Swedia, dan menggunakan F-16 dari Israel. (Sumber: France24 via AFP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

ZAGREB, KOMPAS.TV - Kroasia pada Kamis (25/11/2021) menandatangani kesepakatan untuk membeli 12 jet tempur Rafale Prancis senilai hampir 1 miliar euro yang menurut para pejabat akan sangat memperkuat angkatan udaranya di tengah ketegangan yang berkepanjangan di Balkan, seperti dilansir France24.

Dua jet tempur Rafale terbang rendah di atas ibukota Kroasia setelah upacara penandatanganan.

Pemilihan jet tempur Prancis itu diumumkan pada bulan Mei, mengikuti proses penawaran yang panjang yang terganggu oleh penundaan. Tawaran lain kepada Kroasia saat itu termasuk F-16 baru dari Amerika Serikat, JAS-39 Gripen baru dari Swedia, dan F-16 bekas dari Israel.

Eric Trappier, CEO Dassault Aviation pabrikan pembuat jet Rafale mengatakan mereka “akan memberikan kepuasan penuh kepada Angkatan Udara Kroasia, sambil secara aktif berkontribusi pada penjagaan kedaulatan nasional Kroasia”.

Baca Juga: Mantap! Indonesia Borong Puluhan Jet Tempur, KSAU: Ada 36 Unit Rafale dan 8 F-15 EX

Pemerintah Kroasia memilih jet Prancis setelah proses penawaran panjang yang mencakup penawaran untuk F-16 dari Amerika Serikat, pesawat JAS-39 Gripen dari Swedia, dan menggunakan F-16 dari Israel. (Sumber: Tim Felce/Airwolfhound)

Pejabat Kroasia sebelumnya mengatakan, pembelian tersebut bernilai 999 juta euro dan akan melibatkan 10 pesawat bermesin ganda F3R Rafale dengan tempat duduk tunggal dan dua tempat duduk.

Enam Rafale pertama dijadwalkan akan dikirimkan pada tahun 2024, sisanya akan dikirimkan pada tahun berikutnya.

Jet tempur canggih Prancis itu akan menggantikan MiG-21 gaek era Soviet yang masih beroperasi yang pertama kali dikembangkan tahun 1950-an.

Sebagian besar MiG Kroasia awalnya diambil dari militer Yugoslavia yang mencoba menghentikan pemisahan Kroasia dari bekas federasi yang didominasi Serbia.

Kroasia, yang merupakan anggota NATO dan Uni Eropa, sedang dalam perlombaan senjata skala kecil dengan sekutu Rusia tetangganya, Serbia, yang baru-baru ini menerima enam jet tempur MiG-29 bekas dari Rusia dan empat lagi jenis yang sama dari Belarus.



Sumber : France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x