Kompas TV internasional kompas dunia

Tambang Batu Bara di Siberia Rusia Terbakar, 11 Tewas, Puluhan Lainnya Masih Terjebak

Kamis, 25 November 2021 | 22:47 WIB
tambang-batu-bara-di-siberia-rusia-terbakar-11-tewas-puluhan-lainnya-masih-terjebak
Sejumlah petugas penyelamat bersiap bekerja menyelamatkan para pekerja tambang yang terjebak dalam insiden kebakaran di tambang batu bara Listvyazhnaya di wilayah Kemerovo, Siberia, Rusia, Kamis (25/11/2021). Kebakaran itu menewaskan 11 orang dan melukai lebih dari 40 pekerja tambang. (Sumber: Kementerian Situasi Darurat Rusia via AP)

MOSKOW, KOMPAS.TV – Kebakaran yang terjadi di sebuah tambang batu bara di Siberia, Rusia menewaskan 11 orang dan melukai lebih dari 40 orang lainnya, Kamis (25/11/2021). Puluhan pekerja tambang lainnya dilaporkan masih terjebak di dalam tambang.

Api melalap tambang batu bara di kawasan Kemerovo di barat-daya Siberia. Kantor berita Rusia Tass melaporkan, debu batu bara terbakar, dan asap dengan cepat memenuhi tambang Listvyazhnaya melalui sistem ventilasi.

Gubernur Kemerovo Sergei Tsivilyov menyatakan, pada saat insiden terjadi, sebanyak 285 pekerja tengah berada di dalam tambang. Sebanyak 35 pekerja tambang masih terjebak di dalam tambang bawah tanah itu. Lokasi keberadaan mereka masih belum diketahui dengan pasti.

Baca Juga: Polisi Selandia Baru Mulai Temukan Jasad Korban Ledakan Tambang 11 Tahun Silam

Sementara, sebanyak 49 pekerja yang terluka segera diberikan perawatan.

Mengutip Associated Press, upaya untuk menyelamatkan mereka yang terjebak di dalam tambang terpaksa dihentikan pada Kamis sore lantaran adanya ancaman ledakan. 

Sejumlah ambulans dan truk pemadam kebakaran tampak parkir di dekat tambang batu bara Listvyazhnaya di wilayah Kemerovo, Siberia, Rusia, Kamis (25/11/2021) menyusul adanya insiden kebakaran di tambang itu. Kebakaran itu telah menewaskan 11 orang dan melukai puluhan orang lainnya. (Sumber: Kantor Pers Gubernur Kemerovo via AP)

Komite Penyelidikan Rusia langsung melakukan penyelidikan kriminal terhadap insiden itu dengan tuduhan pelanggaran terhadap regulasi keselamatan yang mengakibatkan kematian.

Baca Juga: Wow, Peneliti Chile Temukan Mikroorganisme Pemakan Logam, Kabar Baik untuk Polusi Industri Tambang

Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkapkan belasungkawa bagi para keluarga korban. 

Pada 2016, 36 pekerja tambang tewas dalam serangkaian ledakan gas metana di tambang batu bara di utara jauh Rusia. Usai insiden itu, otoritas Rusia menganalisis faktor keselamatan terhadap seluruh 58 tambang batu bara di negara itu. Hasilnya, 20 tambang batu bara di antaranya, atau sekitar 34 persen, dinyatakan tak aman.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:53
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19