Kompas TV regional berita daerah

Warga Miskin Kakak Beradik Menderita Mikrosefalus

Kompas.tv - 25 November 2021, 18:29 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

JEMBER, KOMPAS.TV - Keluarga tidak mampu di Jember,  Jawa Timur,  hidup dalam keprihatinan dan kekurangan dengan dua orang anaknya yang mengalami kelainan kepala,  perkembangan otak tidak normal atau mirkosefalus. Saat kelahiran,  kondisinya normal seperti bayi pada umumnya.

Kondisi kelainan bentuk kepala yang dialami dua orang anak, kakak beradik warga Desa Jatimulyo, Kecamatan Jenggawah, Jember, Jawa Timur, viral di media sosial.

Anak dari pasangan Syaiful dan Maryam, sekilas tampak sehat dan aktif meski ada keduanya mengalami kelainain di bentuk wajah dan kepala yang mengecil.

Maryam yang saat ini merawat sendiri kedua anaknya terlihat kewalahan menenangkan anak sulungnya, Rudi (18),  yang terlihat aktif dan butuh pendampingan khusus.

Sementara suaminya, Syaiful saat ini sedang bekerja di Pulau Madura sebagai buruh serabutan dan sesekali pulang meski tidak rutin.

Tak hanya Rudi, anak keduanya Rosidi (11), menderita hal serupa dan harus digendong karena tidak bisa berjalan dan kedua matanya tidak bisa melihat.

Pasangan keluarga kurang mampu,  Syaiful dan Maryam ini sebenarnya memiliki lima anak dengan kondisi yang sama, namun tiga anaknya telah meninggal dunia.

Mikrosefalus merupakan kondisi kelainan kesehatan dengan kepala berukuran lebih kecil dan pertumbuhan otak terganggu.

Kondisi kedua anaknya yang sakit,  membuat maryam harus selalu melakukan pendampingan dan untuk kebutuhan hidup sehari harinya,  selain bergantung pada kiriman suami juga kepedulian tetangganya.

#beritajember
#mikrosefalus
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x