Kompas TV regional berita daerah

Cuaca Buruk Hama Ulat Serang Tanaman Bawang

Kompas.tv - 25 November 2021, 18:01 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

KEDIRI, KOMPAS.TV - Tingginya curah hujan yang terjadi selama beberapa pekan terahir, membuat tanaman bawang merah milik para petani di Kabupaten Kediri, diserang hama ulat.  Akibatnya para petani terancam gagal panen, dan terpaksa menanggung kerugian jutaan rupiah.

Sejak beberapa pekan terakhir,  para petani bawang merah di Kecamatan Ngasem Kediri, dipusingkan dengan serangan hama ulat. Tingginya curah hujan yang terjadi membuat jumlah ulat yang menyerang tanaman bawang merah, meningkat drastis.

Akibatnya, tanaman bawang merah milik petani rusak, dan tidak bisa tumbuh dengan baik. Sehingga para petani bawang merah, terancam gagal panen, dan harus menanggung kerugian jutaan rupiah.

Untuk mengatasi serangan ulat, para petani kini rutin melakukan penyemprotan. Tidak hanya itu, petani juga bekerja ekstra untuk mengambil satu persatu ulat yang bersembunyi di dalam batang.

Selain, serangan hama ulat, para petani juga dipusingkan dengan penyakit jamur yang membuat tanaman bawang mengalami busuk batang. Kondisi tersebut terjadi akibat kadar air dalam tanah berlebih, sehingga membuat jamur berkembang biak dengan cepat.

#beritakediri
#hamaulat
#petanibawang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.