Kompas TV regional peristiwa

Kena Cegat Polisi saat Operasi Zebra, Pengendara Motor Ini Malah Dapat Helm Baru

Kompas.tv - 25 November 2021, 14:52 WIB
kena-cegat-polisi-saat-operasi-zebra-pengendara-motor-ini-malah-dapat-helm-baru
Petugas Lalu Lintas Polresta Tasikmalaya memberikan helm baru gratis kepada warga yang dinilai paling taat protokol kesehatan saat berkendara dalam Operasi Zebra di Jalan HZ Mustofa, Kota Tasikmalaya, Kamis (25/11/2021). (Sumber: KOMPAS.com/IRWAN NUGRAHA)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Desy Afrianti

TASIKMALAYA, KOMPAS.TV - Ada kejadian unik dalam pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2021 di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (25/11/2021).

Usai memeriksa seorang pengendara motor yang terjaring razia tersebut, Polisi Lalu Lintas Polresta Tasikmalaya justru menghadiahkannya sebuah helm baru.

Helm baru itu diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada pengendara terkait karena telah taat protokol kesehatan, dan tentunya juga patuh aturan berkendara dengan melengkapi persyaratannya.

Kepala Polresta Tasikmalaya AKBP Aszhari Kurniawan mengatakan, Operasi Zebra yang digelar di Tasikmalaya sejak 14 sampai 28 November 2021 ini memang turut memantau ketaatan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Berdalih Operasi Zebra, Petugas Dishub Pukul Sopir Mobil Pikap Setelah Gagal Menilang

"Nah, yang taat protokol kesehatan dan persyaratan kendarannya lengkap, kami kasih helm baru secara gratis saat operasi," kata Aszhari dikutip dari Kompas.com, Kamis (25/11/2021).

Aszhari menerangkan, apa yang dilakukan jajarannya pun telah sesuai dengan arahan Mabes Polri agar memprioritaskan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat saat berkendara di jalanan.

"Operasi ini untuk menyadarkan masyarakat menjaga keselamatan sendiri saat berkendara dan menghindari bahaya penyebaran Covid-19," ujar Aszhari.

Lebih lanjut, Aszhari menambahkan, Operasi Zebra ini nantinya bakal menjadi bahan evaluasi sebelum menerapkan sistem pengamanan untuk masa Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Baca Juga: Empat Hari Operasi Zebra Jaya 2021, Polda Metro: 5.470 Pelanggar, Mayoritas Kami Tegur

"Kami mengimbau masyarakat untuk tertib dan tetap mentaati peraturan lalu lintas serta menerapkan protokol kesehatan," kata Aszhari, mengingatkan kembali.

Sementara itu, Yeni Julpikar (39), pengendara motor yang mendapat helm baru dari Operasi Zebra tersebut mengaku kaget ketika dihentikan oleh petugas kepolisian.

Belum hilang perasaan terkejutnya, Yeni mengira ia bakal diberi bukti pelanggaran (tilang) karena melanggar peraturan lalu lintas tanpa sadar, tapi ternyata malah diberi helm baru.

"Kaget, awalnya mengira akan ditilang, tapi malah dihadiahi helm baru. Alhamdulillah," tutur Yeni.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x