Kompas TV nasional berita utama

Faldo Maldini Ungkap Rencana Anies Ingin Temui Jokowi Bahas Formula E

Kompas.tv - 25 November 2021, 14:22 WIB
faldo-maldini-ungkap-rencana-anies-ingin-temui-jokowi-bahas-formula-e
Stafsus Mensesneg, Faldo Maldini. (Sumber: Twitter/@FaldoMaldini)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini, mengungkapkan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, sudah mengajukan untuk menghadap Presiden Joko Widodo dengan CEO Formula E Operation (FEO).

"Memang benar, Gubernur DKI Jakarta sudah ajukan waktu untuk menghadap Presiden, dengan mengajak serta CEO Formula E," kata Faldo pada keterangan tertulis yang diterima kompas.tv, Kamis (25/11/2021). 

Namun, Faldo mengatakan, sebaikanya Pemprov DKI memprioritaskan terlebih dahulu untuk menyelesaikan semua permasalahan dan urusan terkait Formula E yang dihadapi. 

"Namun, sebaiknya Pemprov DKI dan panitia penyelenggaran memprioritaskan dulu untuk menuntaskan semua permasalahan yang dihadapi. Venue, jalur, termasuk tata kelola, harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, sesuai peraturan perundang-undangan dan kepatutan," kata Faldo. 

Baca Juga: Soal Lokasi Formula E Ditentukan Jokowi, Wagub DKI: Kami Bersyukur Perhatian Pemerintah Pusat

Menurut Faldo dalam menyelenggarakan ajang internasional seperti Formula E, tidak perlu harus menghadap presiden terlebih dahulu. Contohnya Superbike Mandalika juga tidak diawali dengan pertemuan CEO dengan Presiden Jokowi. 

"Kan aneh juga, apa-apa nanti harus bertemu Presiden terlebih dulu. Kan kita punya aturan dan prosedur. Itu saja ukurannya kita bernegara. Superbike Mandalika kemaren juga tidak diawali oleh pertemuan CEO-nya dengan Presiden," kata Faldo. 

Ia pun menegaskan bahwa pemilihan lokasi Formula E merupakan tanggung jawab Pemprov DKI dan panitia penyelengaraan Formula E. 

"Menanggapi pemberitaan bahwa venue, pemilihan jalur racing dan hal-hal lain dalam penyelenggaraan Formula E akan diputuskan oleh Presiden, kami sampaikan bahwa hal-hal tersebut menjadi tanggung jawab Pemprov DKI dan panitia penyelenggara," kata Faldo. 

Sejak awal, katanya, semua inisiatif penyelengaraan Formula E merupakan ranah Pemprov DKI. 

"Berbagai dinamika di daerah terkait penyelenggaraan adalah sepenuhnya tanggung jawab pemangku kebijakan daerah dan penyelenggara dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait," katanya. 

Baca Juga: Ketua DPRD DKI Minta Formula E di Jakarta Tidak Bawa-bawa Nama Jokowi

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menyebut bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang bakal memutuskan lokasi untuk dijadikan sirkuit balap mobil listrik atau Formula E Jakarta (Jakarta E-Prix) 2022.

Bambang menjelaskan, ada lima opsi lokasi untuk menggelar ajang Formula E di Jakarta. Rinciannya, tiga opsi di Jakarta Utara dan dua opsi di Jakarta Pusat.

"Beberapa alternatif itu antara lain Jalan Jenderal Sudirman (Jakarta Pusat) itu satu, kemudian Pantai Indah Kapuk (Jakarta Utara), sekitar JIS (Jakarta Utara). Kemudian Jakarta International Expo Kemayoran (Jakarta Pusat), dan terakhir di Ancol (Jakarta Utara)" kata Bamsoet dalam konferensi pers di Black Stone Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/11/2021).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x