Kompas TV regional berita daerah

Perkenalkan Permainan Tradisional Ke Murid SD

Kamis, 25 November 2021 | 15:00 WIB

Penulis : KompasTV Makassar

MAROS, KOMPAS.TV - Ratusan murid sekolah dasar antusias mengikuti lomba permainan tradisional yang di gelar lembaga adat dan budaya Salenrang, Di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Permainan tradisional diperlombakan sebagai alternatif permainan anak-anak  di tengah dominasi dan pengaruh ponsel pintar.

kemeriahan terlihat saat lomba permainan tradisional dilangsungkan di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Ratusan peserta dari sejumlah sekolah dasar antusias mengikuti lomba. Sorak - sorai para penonton terdengar saat para jagoan mereka berlomba dalam permainan asing-asing atau yang dikenal gobak sodor. Permainan ini belibatkan 3 hingga 5 orang dalam satu kelompok.

Setiap kelompok yang bertanding dibutuhkan kekompakan untuk menghalangi lawan agar tidak  melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik.

Permainan ini melatih konsentrasi keseimbangan setiap anggota kelompok dengan satu tumpuan kaki. Dengan cara  melompat di setiap blok kotak yang  digambar di atas bidang datar. Permainan tradisional yang dilombakan merupakan rangkaian kegiatan Maulid Nabi yang mengambil tema Maudu Ada' Dan Kemah Budaya Dengan Memanfaatkan Potensi Budaya Desa.

Selain melombakan permainan tradisional, juga diselenggarakan pentas musik tutur tradisional dan akustik. Kegiatan yang digelar oleh Lembaga Adat Dan Budaya Salenrang bersama Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan serta organisasi lainnya, sebagai alternatif permainan anak ditengah pengaruh gawai pintar.

#permainantradisional
#lombatradisional
#permainananak


Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA


Close Ads x