Kompas TV internasional kompas dunia

Kanada Mulai Vaksinasi Covid-19 Bagi Anak-Anak Usia 5-11 Tahun

Kompas.tv - 25 November 2021, 11:20 WIB
kanada-mulai-vaksinasi-covid-19-bagi-anak-anak-usia-5-11-tahun
Kanada mulai melakukan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak berusia lima hingga 11 tahun mulai hari Rabu, (24/11/2021). (Sumber: Toronto Star)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

MONTREAL, KOMPAS.TV - Kanada mulai melakukan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak berusia lima hingga 11 tahun mulai hari Rabu (24/11/2021), bergabung dengan beberapa negara termasuk Israel dan Amerika Serikat dalam upaya melindungi warganya dari infeksi Covid-19, seperti dilansir Straits Times, Kamis, (25/11/2021).

Di Gedung Pertemuan Montreal, beberapa belas anak termasuk di antara kelompok pertama yang menerima suntikan pertama vaksin Covid-19 buatan Pfizer, yang mendapat izin hari Jum'at lalu untuk diberikan kepada kelompok usia 5-11 tahun.

Untuk membantu meredakan ketakutan anak-anak akan jarum suntik, petugas kesehatan Kanada mengambil langkah-langkah tambahan seperti memasang stiker kuda bertanduk satu, atau stiker pemain hoki di partisi antara ruang perawatan, memberi ruang yang lebih longgar daripada kelompok usia dewasa dalam membuat janji untuk melaksanakan vaksinasi, dan anjing peliharaan untuk mengalihkan perhatian anak-anak.

"Saya tidak benar-benar takut, tetapi saya stres," kata Victor, 10, kepada AFP seperti dilansir Straits Times, sambil memegang halaman mewarnai dengan kata-kata "bravo, Anda menerima vaksin Anda" di tangannya.

Di sisi Victor, sang ibu, Mathilde menjelaskan sang anak merasa "dikucilkan" dari keluarga, karena menjadi satu-satunya yang belum divaksinasi Covid-19 karena usia.

Bagi Mathilde, memvaksinasi putranya adalah pilihan masuk akal, karena memungkinkan Victor bisa bersama kakek dan neneknya serta boleh saling berpelukan dengan kakek-nenek tanpa rasa khawatir.

"Kami memiliki hak istimewa, terus terang," kata Dr Yanouchka Labrousse, seorang dokter dan ibu dari dua anak yang menjalani vaksinasi.

Baca Juga: Kanada di KTT G20 Umumkan Bantuan 200 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Bagi Negara Miskin

Kanada mulai melakukan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak berusia lima hingga 11 tahun mulai hari Rabu, (24/11/2021). (Sumber: CTV News Toronto)

Pendaftaran vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak di Quebec, Kanada melonjak tajam sejak pemerintah Kanada memberikan lampu hijau untuk vaksinasi anak, "yang merupakan indikator bahwa respon penduduk benar-benar sangat baik", komentar Jean-Nicolas Aube, juru bicara otoritas kesehatan Montreal.

Di Twitter, Perdana Menteri Quebec Francois Legault hari Rabu pagi dengan riang gembira mencatat 115.300 janji vaksinasi Covid-19 hanya dalam beberapa jam."Bersama-sama kita bisa membuat perbedaan!" katanya.

Di kota Toronto negara tetangga Ontario, hari Selasa, beberapa anak mulai menjalani suntikan pertama vaksinasi Covid-19. Provinsi terpadat di Kanada itu akan secara resmi memulai kampanyenya pada hari Kamis.

"Ini adalah yang pertama di Kanada dan awal dari ribuan anak-anak di Toronto mendapatkan perlindungan terbaik dari Covid-19," kata Wali Kota Toronto John Tory dalam sebuah pernyataan.

Pada hari Rabu, walikota Toronto datang ke klinik bersama Polkaroo, karakter seperti kanguru hijau dari acara televisi anak-anak lokal, untuk mengumumkan bahwa sejauh ini sudah lebih dari 31.000 jadwal vaksinasi anak-anak sudah tercatat sejauh ini.

Kanada memiliki salah satu tingkat vaksinasi Covid-19 tertinggi di dunia, lebih dari 85 persen warga usia 12 tahun sudah mendapat dosis penuh vaksin Covid-19

Health Canada hari Rabu juga menyetujui penggunaan vaksin dosis tunggal Johnson & Johnson untuk mereka yang berusia 18 tahun ke atas.



Sumber : Kompas TV/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.