Kompas TV internasional kompas dunia

Kanada Mulai Vaksinasi Covid-19 Bagi Anak-Anak Usia 5-11 Tahun

Kamis, 25 November 2021 | 11:20 WIB
kanada-mulai-vaksinasi-covid-19-bagi-anak-anak-usia-5-11-tahun
Kanada mulai melakukan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak berusia lima hingga 11 tahun mulai hari Rabu, (24/11/2021). (Sumber: Toronto Star)

MONTREAL, KOMPAS.TV - Kanada mulai melakukan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak berusia lima hingga 11 tahun mulai hari Rabu (24/11/2021), bergabung dengan beberapa negara termasuk Israel dan Amerika Serikat dalam upaya melindungi warganya dari infeksi Covid-19, seperti dilansir Straits Times, Kamis, (25/11/2021).

Di Gedung Pertemuan Montreal, beberapa belas anak termasuk di antara kelompok pertama yang menerima suntikan pertama vaksin Covid-19 buatan Pfizer, yang mendapat izin hari Jum'at lalu untuk diberikan kepada kelompok usia 5-11 tahun.

Untuk membantu meredakan ketakutan anak-anak akan jarum suntik, petugas kesehatan Kanada mengambil langkah-langkah tambahan seperti memasang stiker kuda bertanduk satu, atau stiker pemain hoki di partisi antara ruang perawatan, memberi ruang yang lebih longgar daripada kelompok usia dewasa dalam membuat janji untuk melaksanakan vaksinasi, dan anjing peliharaan untuk mengalihkan perhatian anak-anak.

"Saya tidak benar-benar takut, tetapi saya stres," kata Victor, 10, kepada AFP seperti dilansir Straits Times, sambil memegang halaman mewarnai dengan kata-kata "bravo, Anda menerima vaksin Anda" di tangannya.

Di sisi Victor, sang ibu, Mathilde menjelaskan sang anak merasa "dikucilkan" dari keluarga, karena menjadi satu-satunya yang belum divaksinasi Covid-19 karena usia.

Bagi Mathilde, memvaksinasi putranya adalah pilihan masuk akal, karena memungkinkan Victor bisa bersama kakek dan neneknya serta boleh saling berpelukan dengan kakek-nenek tanpa rasa khawatir.

"Kami memiliki hak istimewa, terus terang," kata Dr Yanouchka Labrousse, seorang dokter dan ibu dari dua anak yang menjalani vaksinasi.

Baca Juga: Kanada di KTT G20 Umumkan Bantuan 200 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Bagi Negara Miskin

Kanada mulai melakukan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak berusia lima hingga 11 tahun mulai hari Rabu, (24/11/2021). (Sumber: CTV News Toronto)

Pendaftaran vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak di Quebec, Kanada melonjak tajam sejak pemerintah Kanada memberikan lampu hijau untuk vaksinasi anak, "yang merupakan indikator bahwa respon penduduk benar-benar sangat baik", komentar Jean-Nicolas Aube, juru bicara otoritas kesehatan Montreal.

Di Twitter, Perdana Menteri Quebec Francois Legault hari Rabu pagi dengan riang gembira mencatat 115.300 janji vaksinasi Covid-19 hanya dalam beberapa jam."Bersama-sama kita bisa membuat perbedaan!" katanya.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV/Straits Times



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:45
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19