Kompas TV bisnis kebijakan

Ini Sederet Keunggulan DME yang Akan Gantikan LPG

Kamis, 25 November 2021 | 10:09 WIB
ini-sederet-keunggulan-dme-yang-akan-gantikan-lpg
ILUSTRASI. Contoh tabung DME yang dipamerkan oleh PT Pertamina, PT Bukit Asam, dan Air Products and Chemical Inc (Sumber: Kontan.co.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pada tahun 2030, pemerintah menargetkan berhenti mengimpor LPG dan menggunakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan untuk rumah tangga. Pemerintah tengah mengembangkan gas dari olahan batu bara atau Dimethyl Ether (DME).

Selain dari olahan batu bara kalori rendah, DME bisa dibuat dari coalbed methane (CBM), limbah, dan biomassa. Direktorat Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM menyatakan, DME dan LPG mempunyai sejumlah perbedaan.

Kandungan panas LPG sebesar 12.076 kcal/kg, dengan emisi 930 kg Co2/tahun, memiliki nilai kalor 50,56 MJ/kg, dan efisiensi 53,75-59,13 persen.

Sedangkan kandungan panas DME sebesar 7.749 kcal/kg, mempunyai emisi DME 745 kg Co2/tahun, memiliki nilai kalor DME 30,5 MJ/kg, dan efisiensi 64,7-68,9 persen.

Baca Juga: Ternyata China Sempat Remehkan Indonesia, Sekarang Getol Investasi

"Dengan DME, hitungannya emisi akan jadi 745 kg Co2/tahun. Ini nilai yang sangat baik sejalan dengan upaya-upaya global menekan emisi gas rumah kaca," kata Dirjen EBTKE Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, seperti dikutip dari Antara, Kamis (25/11/2021).

Adapun keunggulan DME dibanding LPG yaitu dapat diproduksi dari berbagai sumber energi, mudah terurai di udara sehingga tidak merusak lapisan ozon bumi, nyala api yang dihasilkan lebih biru dan stabil, tidak menghasilkan polutan particukate matter (PM) dan nitrogen oksida (NOx), tidak mengandung sulfur, dan pembakaran lebih cepat daripada LPG.

Sementara berdasarkan data Badan Litbang Kementerian ESDM, ada sejumlah keuntungan jika masyarakat beralih menggunakan DME dari LPG.

Diantaranya, menekan impor LPG sebesar 1 juta ton per tahun dengan produksi DME 1,4 juta ton per tahun, meningkatkan ketahanan energi nasional, menghemat cadangan devisa Rp9,7 triliun per tahun karena sudah tidak impor LPG, menambah investasi asing hingga 2,1 miliar dollar AS, menciptakan multiplier effect hingga Rp800 miliar per tahun, serta memberdayakan industri nasional yang melibatkan tenaga kerja lokal.

Baca Juga: Kejagung Lelang Mobil Mewah Terpidana Kasus Jiwasraya, Laku Rp6 M

Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

Sumber :



BERITA LAINNYA


Budaya

Sultan Agung dalam Goresan S Sudjojono

Senin, 24 Januari 2022 | 03:05 WIB
VOD

Tenaga Honorer Berpeluang Diangkat Jadi PNS?

Minggu, 23 Januari 2022 | 23:37 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
03:35
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19