Kompas TV bisnis bumn

Genjot Bisnis Kargo, Garuda Gandeng Wallenborn Transports Kirim Barang ke Eropa Via Jalur Darat

Kompas.tv - 25 November 2021, 08:54 WIB
genjot-bisnis-kargo-garuda-gandeng-wallenborn-transports-kirim-barang-ke-eropa-via-jalur-darat
Ilustrasi pengangkutan kargo Garuda Indonesia. Sebagai strategi untuk bertahan di tengah pandemi, Garuda Indonesia memaksimalkan bisnis kargonya lewat kerja sama dengan perusahaan logistik darat Eropa, Wallenborn Transports S.A. Sehingga produk ekspor Indonesia bisa menjangkau kota-kota besar di Eropa (25/11/2021).. (Sumber: Garuda Indonesia )
Penulis : Dina Karina | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Garuda Indonesia terus mengoptimalkan bisnis kargonya di tengah sepinya penumpang pesawat. Garuda bekerja sama dengan perusahaan jasa penyedia layanan logistik darat Wallenborn Transports S.A.

Dengan kerja sama itu, Garuda bisa mengirim kargo Jakarta-Amsterdam lewat udara, untuk selanjutnya menggunakan jalur darat ke kota-kota lainnya di Eropa.

Seperti Paris, Brussel, London, Frankfurt, Madrid, Vienna dan berbagai kota besar lainnya yang dilayani Wallenborn melalui jalur darat.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, kerja sama ini sudah dimulai sejak September lalu. 

Peningkatan layanan kargo ini seiring dengan penutupan sejumlah rute penerbangan internasional oleh Garuda. Kini, Garuda fokus mengangkut komoditas ekspor unggulan nasional ke Eropa. 

Baca Juga: Masyarakat Ngeluh Penerbangan Garuda Langka, Ternyata Ini Penyebabnya

"Kerja sama ini merupakan upaya Garuda Indonesia untuk memberikan nilai tambah bagi para pengguna jasa dengan menghadirkan ragam alternatif pengiriman kargo ke berbagai kota di Eropa dengan harga yang kompetitif, durasi pengiriman yang lebih singkat, serta ditunjang oleh layanan yang seamless sehingga kualitas produk akan lebih terjaga," kata Irfan dalam keterangan resminya kepada Kompas TV, dikutip Kamis (25/11/2021).

Irfan berharap dengan kerja sama ini, produk ekspor UMKM dapat semakin menjangkau kota-kota di Eropa dan pada akhirnya meningkatkan daya saing produk ekspor nasional.

"Kami optimis ke depannya kerja sama ini akan dapat meningkatkan sektor bisnis ekspor nasional khususnya general cargo maupun produk perishable unggulan Indonesia salah satunya biji coklat dari Bali ke pasar Eropa," ujar Irfan. 

Baca Juga: Garuda Gandeng Emirates, Ini Sederet Keuntungan untuk Penumpang Rute Internasional

Kinerja ekspor Indonesia memang tengah meroket. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, ekspor Indonesia pada Oktober 2021 tercatat sebesar 22,03 miliar dollar AS atau naik 6,89 persen dibanding bulan sebelumnya. 

Kinerja ekspor Oktober mencetak rekor baru dengan nilai ekspor bulanan tertinggi sepanjang sejarah, bahkan melampaui angka pada Agustus 2021 lalu. Kenaikan ini didorong meningkatnya ekspor migas sebesar 9,92 persen dan nonmigas sebesar 6,75 persen.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x