Kompas TV nasional sosial

Peringatan Hari Guru Nasional 2021 dalam Google Doodle: Ceria dan Penuh Warna

Kompas.tv - 25 November 2021, 08:16 WIB
peringatan-hari-guru-nasional-2021-dalam-google-doodle-ceria-dan-penuh-warna
Google doodle edisi peringatan Hari Guru Nasional 2021. (Sumber: Google)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam rangka turut memperingati Hari Guru Nasional 2021, mesin pencarian Google tampil sedikit berbeda dengan doodle khusus untuk hari ini, Kamis (25/11/2021).

Google doodle edisi Hari Guru Nasional kali ini terlihat begitu ceria dan warna-warni dengan gambar lima ekor lebah serta seekor ulat di dalamnya.

Satu di antara lima ekor lebah tersebut tampaknya berlaku sebagai seorang guru dengan tubuh yang lebih besar, penambahan kaca mata, dan buku di tangannya.

Seakan tengah mengajarkan sesuatu kepada lebah-lebah kecil yang menjadi anak didiknya, dalam sebuah suasana menyenangkan karena berada di atas bunga-bunga.

Baca Juga: Hari Guru Nasional 2021: Sejarah Lahirnya PGRI hingga Diperingati Setiap 25 November

Selaras dengan Google doodle hari ini, tema dan logo peringatan Hari Guru Nasional 2021 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) pun menyiratkan kesan yang sama.

Melansir laman resmi Kemendikbud-Ristek, tema yang diusung untuk peringatan Hari Guru Nasional 2021 adalah "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan".

Di samping itu, semarak peringatan Hari Guru Nasional 2021 kian terasa lewat logonya yang memiliki bentuk dasar hati dengan perpaduan warna-warna cerah.

Tak lupa, sebagai ungkapan terima kasih kepada guru-guru di Indonesia, Kemendikbud-Ristek akan menyelenggarakan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Tahun 2021.

Baca Juga: Tema dan Logo Hari Guru Nasional 25 November 2021 Beserta Maknanya

Sejarah Hari Guru Nasional

Sementara itu, sejarah peringatan Hari Guru Nasional tak dapat dipisahkan dari berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada 25 November 1945 silam.

Berdasarkan informasi dari laman resmi PGRI, pendirian organisasi tersebut awalnya dipelopori oleh para guru pribumi pada zaman Belanda.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x