Kompas TV internasional kompas dunia

Arab Saudi Cetak 18 Juta Mushaf Alquran Per Tahun, Indonesia 200 Ribu Meski Populasi Muslim Terbesar

Kamis, 25 November 2021 | 08:49 WIB
arab-saudi-cetak-18-juta-mushaf-alquran-per-tahun-indonesia-200-ribu-meski-populasi-muslim-terbesar
Tempat mencetak mushaf Alquran terbesar dunia di Arab Saudi (Sumber: Bi)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

JEDAH, KOMPAS.TV - Jika Anda bertanya, berapa sih jumlah Alquran yang beredar di dunia saat ini? Maka jawabannya bisa jadi akan sulit mengingat banyaknya populasi muslim di seluruh dunia. 

Meski begitu, jika pertanyaan itu diubah, berapa sih tiap tahun Alquran yang dicetak dan disebarkan ke seluruh dunia?

Maka jawaban dari otoritas Arab Saudi berikut ini akan membuatmu menganggukkan kepala.

Otoritas Arab Saudi dalam keterangannya menyebut, tiap tahun jumlah permintaan mushaf Alquran ini terus meningkat. Tak terkecuali datang dari Indonesia, negeri dengan jumlah populasi muslim terbesar di dunia, bahkan melebihi Arab Saudi.

Sekretaris Jenderal Mujamma' King Fahd, Talal bin Razin Al-Rehil, Talal bin Razin Al-Rehil menjelaskan, setiap tahunnya Mujamma' King Fahd dapat mencetak 18 juta eksemplar mushaf Alquran guna memenuhi kebutuhan umat Islam di seluruh dunia.

“Proses pencetakan dan pentashihan Alquran dilakukan dengan sangat ketat. Percetakan Alquran Raja Fahd seluas 250 ribu meter persegi tersebut mencetak kitab suci umat Islam itu dan terjemahannya ke berbagai bahasa,” paparnya sebagaimana dikutip KOMPASTV dari Antara, Rabu (24/11)

Baca Juga: Monika Staab, Pelatih Sepakbola Perempuan Pertama dalam Sejarah Arab Saudi

Ia juga menegaskan, kemungkinan salah cetak juga kecil karena penggunaan teknologi. Teknologi itu antara lain dengan penggunaan sensor agar kesalahan cetak dihindari.

"Dalam sistem keamanan kami ada sensor terhadap kemungkinan salah cetak. Sehingga, jika ditemukan kesalahan, maka mesin akan langsung berhenti otomatis. Untuk kualitas cetakan sendiri bisa tahan hingga 100 tahun," jelas Talal.

Percetakan Alquran ini berada di kompleks percetakan Raja Fahd yang berada di Madinah. Kompleks itu seluas 250 ribu meter.

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:13
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19