Kompas TV internasional kompas dunia

Arab Saudi Cetak 18 Juta Mushaf Alquran Per Tahun, Indonesia 200 Ribu Meski Populasi Muslim Terbesar

Kompas.tv - 25 November 2021, 08:49 WIB
arab-saudi-cetak-18-juta-mushaf-alquran-per-tahun-indonesia-200-ribu-meski-populasi-muslim-terbesar
Tempat mencetak mushaf Alquran terbesar dunia di Arab Saudi (Sumber: Bi)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

JEDAH, KOMPAS.TV - Jika Anda bertanya, berapa sih jumlah Alquran yang beredar di dunia saat ini? Maka jawabannya bisa jadi akan sulit mengingat banyaknya populasi muslim di seluruh dunia. 

Meski begitu, jika pertanyaan itu diubah, berapa sih tiap tahun Alquran yang dicetak dan disebarkan ke seluruh dunia?

Maka jawaban dari otoritas Arab Saudi berikut ini akan membuatmu menganggukkan kepala.

Otoritas Arab Saudi dalam keterangannya menyebut, tiap tahun jumlah permintaan mushaf Alquran ini terus meningkat. Tak terkecuali datang dari Indonesia, negeri dengan jumlah populasi muslim terbesar di dunia, bahkan melebihi Arab Saudi.

Sekretaris Jenderal Mujamma' King Fahd, Talal bin Razin Al-Rehil, Talal bin Razin Al-Rehil menjelaskan, setiap tahunnya Mujamma' King Fahd dapat mencetak 18 juta eksemplar mushaf Alquran guna memenuhi kebutuhan umat Islam di seluruh dunia.

“Proses pencetakan dan pentashihan Alquran dilakukan dengan sangat ketat. Percetakan Alquran Raja Fahd seluas 250 ribu meter persegi tersebut mencetak kitab suci umat Islam itu dan terjemahannya ke berbagai bahasa,” paparnya sebagaimana dikutip KOMPASTV dari Antara, Rabu (24/11)

Baca Juga: Monika Staab, Pelatih Sepakbola Perempuan Pertama dalam Sejarah Arab Saudi

Ia juga menegaskan, kemungkinan salah cetak juga kecil karena penggunaan teknologi. Teknologi itu antara lain dengan penggunaan sensor agar kesalahan cetak dihindari.

"Dalam sistem keamanan kami ada sensor terhadap kemungkinan salah cetak. Sehingga, jika ditemukan kesalahan, maka mesin akan langsung berhenti otomatis. Untuk kualitas cetakan sendiri bisa tahan hingga 100 tahun," jelas Talal.

Percetakan Alquran ini berada di kompleks percetakan Raja Fahd yang berada di Madinah. Kompleks itu seluas 250 ribu meter.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x