Kompas TV video sinau

Penting, Tips Anti Copet dan Ditipu di Tempat Umum

Kompas.tv - 24 November 2021, 21:03 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Ketika di keramaian atau tempat umum siaga dan waspada adalah sebuah keharusan. Misalnya di tempat wisata yang tujuannya untuk bersenang-senang, bersama dengan keluargan jangan sampai lengah.

Bahaya selalu mengintai termasuk copet dan orang yang suka menipu. Untuk menghindarinya, simak tips berikut ini,yang dirangkum dari berbagai sumber:

1.Riset

Baiknya riset kecil-kecil mengenai tempat tujuan. Googling dengan membuka forum traveling untuk mencari tahu kondisi di sana.

2. Hindari tempat yang rawan

Pencopet dan penipu punya tempat favorit dan pola yang mirip. Waspada ketika di pasar malam, bazar,  lorong sempit, atau tempat ketika kita terpaksa berdesak-desakan.

3.Jangan Berpenampilan Mencolok

Hati-hati dengan aksesoris ribet seperti: cincin bermata besar dan kalung panjang. Berpakaian casual dan yang penting sesuai dengan kenyamanan masing-masing.

4.Tetap Fokus

Copet dan penipu bekerja dalam kelompok. Mereka sering bekerja sama untuk menciptakan kekacauan dan keributan disekitar kita. Trik yang sering digunakan:

  •  menanyakan jalan
  • menumpahkan air/makanan ke baju
  • pura-pura minta tolong
  •  pura-pura nabrak kemudian marah-marah

5.Beli di Tempat Resmi & Selalu Tanya Harga

Saat di tempat yang asing bagi kita, dan ingin makan, kalau ragu baiknya  cari restoran franchise yang sudah kita kenal dan tahu pasti harganya. Bila ingin shopping pastikan dulu harga rata-rata di tempat itu, jika terlalu murah, patut dicurigai. 

Baca Juga: Terkuak Modus 4 Copet yang Terdiri dari 1 Keluarga di WSBK Mandalika

https://www.kompas.tv/article/235082/terkuak-modus-4-copet-yang-terdiri-dari-1-keluarga-di-wsbk-mandalika 

Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.