Kompas TV olahraga kompas sport

PSSI Berencana Tambah 2 Asisten Wasit di Pertandingan Seri IV Liga 1 2021/2022

Kompas.tv - 24 November 2021, 20:52 WIB
pssi-berencana-tambah-2-asisten-wasit-di-pertandingan-seri-iv-liga-1-2021-2022
Ilustrasi asisten wasit di Liga 1 2021/2022. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - PSSI berencana untuk menambah dua asisten wasit yang akan bertugas di sekitar gawang mulai Seri IV BRI Liga 1 2021/2022.

Tak hanya di Liga 1, asisten wasit kelima dan keenam ini juga akan ditugaskan pada laga semifinal Liga 2 2021.

Namun sebelum menerapkan rencana ini, PSSI akan lebih dulu berkonsultasi dan menunggu persetujuan dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

Seperti yang diketahui, dalam setiap pertandingan sepak bola lazimnya ada 4 wasit yang bertugas di lapangan yaitu wasit  tengah (1), asisten wasit (2 orang) dan wasit cadangan (1). 

Di sepak bola modern sekarang, kini terdapat dua wasit tambahan yang bertugas di ruang Video Assistant Referee (VAR) dan sudah lazim di dunia. 

Sambil menunggu penerapan VAR di liga Indonesia pada tahun depan, PSSI pun berupaya menambahkan jumlah asisten wasit untuk meminimalisir kesalahan yang dilakukan wasit di kompetisi Liga 1 2021/2022.

Hal ini dilakukan PSSI karen banyaknya kritikan dari klub dan masayarakat sepsk bola Indonesia terkait kinerja wasit. 

Maka dari itu, dalam rapat yang dipimpin Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan dihadiri Waketum PSSI Iwan Budianto, Sekjen PSSI Yunus Nusi, Exco Ahmad Riyadh sekaligus Ketua Komite Wasit, dan Departemen wasit, ada dua hal penting yang diputuskan.

Baca Juga: Ketum PSSI: Wasit Berbuat Macam-Macam, Tamat Kariernya!

Pertama penambahan jumlah asisten wasit dan kedua PSSI akan mendatangkan direktur teknik wasit dari luar negeri yang direkomendasikan oleh AFC dengan tugas mengevaluasi dan merekomendasikan wasit dalam pertandingan Liga 1. 

Untuk dua rencana ini, PSSI akan terus melakukan konsultasi dengan AFC serta menunggu persetujuan induk sepak bola di Asia itu. 

Nantinya, asisten wasit tambahan yang bertugas di sekitar gawang akan mengikuti kursus singkat agar mereka siap bertugas di Seri IV di Pulau Bali yang akan dimulai 5 Januari 2022 dan semifinal Liga 2.

‘’Jadi dengan asisten wasit tambahan ini dan mengontrak direktur teknik wasit, kesalahan-kesalahan wasit yang selama ini kita lihat, bisa diminimalisasi dan dievaluasi," kata Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI. 

"PSSI ingin ke depan ada perubahan yang signifikan terhadap sepakbola Indonesia,’’ imbuhnya. 

Baca Juga: Terungkap, Ternyata Bambang Suryo Minta Asisten Wasit Liga 2 Berbohong di Acara TV



Sumber : Kompas TV/PSSI

BERITA LAINNYA



Close Ads x