Kompas TV regional berita daerah

Ratusan Hektar Lahan Tebu Rusak Terendam Banjir

Kompas.tv - 24 November 2021, 18:47 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

JEMBER, KOMPAS. TV - Ratusan hektar lahan tebu milik petani di Jember, Jawa Timur, rusak akibat terendam banjir.  Akar dan batang tanaman tebu yang baru memasuki masa tanam,  membusuk dan mati, karena kelembaban tinggi. Kondisi itu membuat petani gagal panen.

Seratus hektar tanaman tebu, yang memasuki awal tanam, di Desa Semboro, Kecamatan Semboro,  Kabupaten Jember, terancam rusak dan mati. Hal itu terjadi karena tanaman tebu terendam banjir, hingga memicu kelembaban tinggi pada akar dan batang tanaman. Akibatnya akar dan batang tebu membusuk,  perlahan layu dan mati.

Kondisi itu membuat petani terancam gagal panen dan rugi puluhan hingga ratusan juta rupiah. Bahkan program swasembada gula di jawa timur dapat terganggu, oleh curah hujan tinggi di akhir tahun.

Data dari koperasi petani tebu rakyat Jember, terdapat 400 hektar tanaman tebu di Kecamatan Semboro dan 100 diantaranya ada di Desa Semboro, yang saat ini rusak terendam banjir.

Selain merusak tanaman tebu, banjir juga merusak tanaman palawija, seperti kacang panjang, kedelai, jagung, dan  cabai, serta merusak sektor perikanan,  yakni tambak lele dan gurami.

Sebelumnya, Desa Semboro, Kecamatan Semboro, diterjang banjir luapan sungai,  yang berhulu ke gunung argopuro, pada 19 November lalu. Banjir menyebabkan ratusan rumah di 2 kecamatan terendam banjir.

#beritajember
#banjir
#tebu
#palawija
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.