Kompas TV nasional update

Angin Kencang Landa Jakarta dan Sekitarnya, BMKG: Dampak Tidak Langsung Siklon Paddy

Kompas.tv - 24 November 2021, 17:16 WIB
angin-kencang-landa-jakarta-dan-sekitarnya-bmkg-dampak-tidak-langsung-siklon-paddy
Deputi Bidang Meteorologi BMK Guswanto saat memberikan keterangan dalam acara Kompas Petang, Rabu (24/11/2021). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Fenomena angin kencang melanda DKI Jakarta dan sekitarnya pada Selasa (23/11/2021). Angin kencang dirasakan di sejumlah wilayah Jakarta serta Banten, membuat sebuah kapal menabrak dermaga Pelabuhan Merak.

Menurut Badan Meteorogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), fenomena angin kencang terjadi akibat dampak tidak langsung siklon tropis Paddy.

Siklon Paddy menimbulkan perbedaan tekanan udara yang cukup signifikan di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa. Ini secara tidak langsung memicu aliran massa udara kuat yang bertiup dari perairan barat Banten yang bertiup ke timur.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menyebut siklon Paddy membentuk konvergensi yang memicu pertumbuhan awan hujan dan pola low level jet.

Baca Juga: Waspada! Siklon Tropis Paddy Berdampak Pada Cuaca Buruk, Sebabkan Angin Kencang Melanda Jakarta

"Pola low level jet inilah yang dapat memberikan dampak angin kencang di Jakarta sekitarnya,” kata Guswanto dalam program Kompas Petang, Rabu (24/11/2021).

Selain itu, masyarakat juga diminta waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor akibat cuaca ekstrem.

Siklon Paddy sendiri saat ini dinyatakan sudah punah. Namun, masyarakat, terutama nelayan di perairan, diminta tetap waspada.

Pasalnya, kini muncul bibit siklon tropis baru di sebelah barat bekas siklon Paddy, yakni bibit siklon 91s.

“Ini juga membentuk konvergensi, memanjang dari Samudra Hindia, barat daya Sumatra. Dan ini masih kita monitor. Kami mengimbau para nelayan, kapal-kapal yang masih beraktivitas di Samudra Hindia harap waspada,” kata Guswanto.

Guswanto sendiri belum bisa memastikan apakah siklon 91s akan menimbulkan dampak lebih kuat dibanding Paddy. BMKG baru memonitor situasi tersebut. 

Baca Juga: BMKG Rilis Prakiraan Cuaca Hari Ini, Awas Hujan Lebat dan Petir di 26 Wilayah

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x