Kompas TV video sinau

Tampak Berubah-ubah, Sebenarnya Apa Warna Asli Bulan?

Kompas.tv - 24 November 2021, 20:30 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Bulan adalah satu-satunya satelit alami bumi dan merupakan satelit terbesar kelima dalam tata surya. Warna benda langit yang bisa dilihat dari bumi ini tampak berubah-ubah.

Jika dilihat pada siang hari, warna bulan akan terlihat redup dan putih dikelilingi oleh langit biru. Bulan akan tampak berwarna kuning cerah jika sudah malam. Namun jika difoto dari ruang angkasa, bulan nampak berwarna abu-abu.

Sebenarnya apa warna asli dari bulan?

Baca Juga: Rembulan Merah di Langit Amerika Utara, Gerhana Bulan Merah Parsial Terlama dalam Sejarah

Menurut Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA), bulan memiliki warna asli abu-abu seperti yang terlihat di banyak foto.

Warna abu-abu berasal dari permukaan bulan yang sebagian besar mengandung oksigen, silikon, magnesium, besi, kalsium, dan aluminium. Permukaan bulan terbuat dari batuan vulkanik yang dominan oleh variasi kandungan besi dan titanium, dan batuan inilah yang memberi bulan warna aslinya.

Dilansir dari Universe Today, saat melihat bulan dari bumi, sebagian atmosfer akan menghalangi pandangan sehingga memengaruhi bagaimana warna bulan akan terlihat oleh mata.

Baca Juga: Komunitas Astronomi Edukasi Warga Soal Gerhana Bulan

Selain itu, bulan tampak bersinar karena memantulkan cahaya dari matahari. Meski hanya sekitar 3 hingga 12% dari sinar matahari yang mengenainya akan dipantulkan langit di sekitar bulan yang relatif gelap membuat bulan tampak sebagai benda langit yang terang.

Semakin tinggi di langit, Bulan akan semakin tertutup oleh atmosfer. Hal ini menyebabkan warna Bulan berubah menjadi lebih kuning seperti yang terjadi pada Matahari saat ia terbit di langit.

Sementara pada siang hari, bulan harus bersaing dengan sinar matahari yang juga sedang dihamburkan oleh atmosfer, sehingga tampak berwarna putih.

(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x