Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

4 Manfaat Melakukan Detoks Digital, Termasuk Kurangi Stres

Kompas.tv - 24 November 2021, 16:09 WIB
4-manfaat-melakukan-detoks-digital-termasuk-kurangi-stres
Ilustrasi. Penggunaan ponsel dan peralatan digital lainnya merupakan hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang detoks digital diperlukan oleh sebagian orang. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Penggunaan ponsel dan peralatan digital lainnya merupakan hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari memasang alarm untuk bangun pagi hingga menonton berita di televisi.

Orang Amerika menghabiskan rata-rata empat jam untuk menonton TV dan sekitar tujuh setengah jam untuk perangkat digital lainnya. Tidak mengherankan, begitu banyak waktu menatap layar membuat sebagian orang merasa stres.

Solusinya mungkin detoks digital, yang dapat memberikan bantuan dari tekanan koneksi konstan ke perangkat elektronik.

Penelitian menemukan bahwa detoksifikasi digital bahkan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, hubungan, dan suasana hati.

Dilansir Cleveland Clinic, psikolog Kia-Rai Prewitt, PhD menjelaskan manfaat dan cara tepat melakukan detoks digital.

Yang dimaksud detoks digital adalah istirahat sejenak dari penggunaan perangkat elektronik atau media tertentu dalam jangka waktu tertentu, mulai dari beberapa hari hingga beberapa bulan.

Tetapi spesifiknya berbeda untuk masing-masing orang. Hal-hal yang dihindari orang selama detoks digital mungkin termasuk memeriksa email, bermain video game, menggulir media sosial, pesan teks, menggunakan smartphone atau tablet, menonton berita atau program TV lainnya, serta detoks media sosial.

Baca Juga: Stres dan Depresi Saat Liburan? Ini Gejala dan Cara Mengatasinya Menurut Pakar

Beristirahat sejenak dari melihat atau terlibat dalam media sosial adalah bentuk detoks digital yang paling populer.

“Media sosial menghubungkan kita dengan orang lain dalam banyak cara yang bermanfaat,” kata Prewitt.

"Tetapi pada saat yang sama, itu juga dapat memiliki efek yang tidak sehat pada orang-orang."

Pengalaman media sosial yang negatif dapat memicu kecemasan dan depresi serta memengaruhi harga diri. Ini termasuk marah atau kesal tentang konten yang diposting, cyberbullying (perundungan verbal online), takut kehilangan, perasaan terisolasi, serta perbandingan sosial.

Melakukan detoks digital adalah cara yang bagus untuk mengetahui apakah teknologi menghalangi seseorang untuk menjalani kehidupan terbaiknya.

Hasilnya bisa sangat luas, mulai dari menjadi lebih produktif di tempat kerja hingga memperdalam hubungan Anda dengan keluarga dan teman.

Berikut sejumlah manfaat detoks digital:



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x