Kompas TV nasional sosok

Cerita Jenderal Dudung Abdurachman, Ingin Jadi Perwira TNI usai Kue Jualannya Ditendang Tentara

Rabu, 24 November 2021 | 14:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jenderal Dudung Abdurachman resmi mengemban tugas sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang dilantik pada Rabu (17/11/2021).

Perwira tinggi TNI ini sebelumnya menjabat sebagai Pangkostrad. 

Jenderal Dudung Abdurachman merupakan alumni Akademi Militer tahun 1988 dari kecabangan infanteri.

Ketika remaja, ia harus turun tangan untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup keluarga sebab ayahnya meninggal ketika Dudung duduk di bangku SMP pada 1981. 

Anak keenam dari delapan bersaudara ini harus membantu ibunya mencari uang.

Dengan mengayuh sepeda, ia mengantar koran ke rumah para pelanggan sejak pukul 04.00 WIB.

Hal itu disampaikan oleh Dudung kepada Pemimpin Redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho, dalam video yang tayang di kanal YouTube Kompas.com pada 13 April 2021.

"Sepeninggal bapak saya, ibu saya ini kan ya secara ekonomi ya namanya pensiunan janda PNS. Akhirnya untuk menopang kehidupan itu saya jualan koran, saya nganter koran, loper koran, pakai sepeda," ujar Dudung Abdurrachman, dalam wawancara tersebut yang dikutip Rabu (24/11/2021).

Dudung bahkan mengaku sengaja memilih sekolah pada siang hari sehingga dapat membantu sang ibu. 

Usai mengantar koran, Dudung lanjut membantu ibunya menjajakan kue klepon di lingkungan Kodam salah satunya sekitar pukul 08.00 WIB.

Lantaran hampir setiap hari mengantar kue, Dudung dikenal oleh tentara yang berjaga di depan pintu.

Namun, suatu ketika, petugas yang berjaga merupakan tentara baru yang belum mengenal Dudung.

"Heh sini kamu, kamu enggak lapor-lapor dulu," Dudung menirukan ucapan sang tentara kala itu padanya.

"Ditendanglah kue itu, ada 55 biji, menggelundung," lanjutnya.

Saat itulah, muncul keinginan Dudung Abdurrachman untuk menjadi perwira tinggi.

Di situ saya bilang, awas nanti saya jadi perwira. Di situ saya bangkit pengin jadi tentara. Awalnya di situ, padahal dulu cita-cita saya pengin kuliah," kata Dudung sambil tertawa.

Penulis : Desy Hartini

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:00
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19