Kompas TV olahraga kompas sport

Bendera Merah Putih Tidak Bisa Berkibar di Piala AFF, PSSI Pasrah

Kompas.tv - 24 November 2021, 13:49 WIB
bendera-merah-putih-tidak-bisa-berkibar-di-piala-aff-pssi-pasrah
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat memberikan arahan kepada para wasit dan asisten wasit yang bertugas di BRI Liga 1 2021-2022, Rabu (17/11/2021). (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - PSSI mengaku pasrah dan mengikuti segala keputusan yang akan ditetapkan oleh Badan Anti Doping Dunia (WADA) perihal pengibaran bendera Merah Putih di ajang Piala AFF 2020 pada Desember mendatang.

Pada 7 Oktober 2021 lalu, Indonesia mendapat sanksi dari WADA dan dilarang mengibarkan bendera negara kala mengikuti sebuah kejuaraan olahraga, kecuali Olimpiade, selama hukuman masih berlaku.

Muasalnya, Lembaga Anti Doping Indonesia dianggap WADA tidak memenuhi persyaratan soal pengujian dopin.

Baca Juga: Bahas Sanksi, LADI: Akan Ada Rapat Besar dengan WADA dan Pemerintah Indonesia

Sanksi ini sudah menjadi kenyataan dalam kejuaraan bulu tangkis beregu paling bergengsi di dunia, Piala Thomas. Saat itu, Indonesia yang menjadi juara, malah mengibarkan bendera PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Indonesia).

Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan menyebut siap mengikuti aturan ataupun keputusan yang akan ditetapkan oleh WADA.

"Kami akan mengikuti aturan apapun keputusannya," sebut Iriawan, dikutip dari Antara, Selasa (23/11/2021).

Iriawan juga mengaku telah mengupayakan agar bendera Merah Putih dapat dibentangkan saat Tim Nasional (Timnas) Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan, sebelum kick-off pertandingan.

"Namun, kami tidak memaksakan juga. Namun, kami juga berharap timnas tetap juara," imbuh pria yang akrab disapa Iwan Bule.

Menurut jadwal, Piala AFF 2020 akan diselenggarakan pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022 di Singapura.

Baca Juga: Presiden Jokowi Perintahkan Menpora Segera Selesaikan Persoalan Sanksi WADA dan Evaluasi LADI

Timnas Indonesia sendiri tergabung di Grup B bersama Kamboja, Laos, Malaysia, serta Vietnam.

Jika tidak ada perubahan jadwal, Kamboja akan menjadi lawan perdana Indonesia. Laga tersebut akan bertempat di Stadion Bishan pada 9 Desember 2021 mulai pukul 19.30 WIB.

Sementara itu, Timnas Indonesia sedang menjalani pemusatan latihan di Antalya, Turki. Timnas dijadwalkan menjalani dua laga uji coba.

Pada uji coba pertama melawan Afghanistan 16 November silam, Indonesia kalah dengan skor 0-1. Sedangkan laga uji coba kedua kontra Myanmar baru akan dimainkan Kamis (25/11/2021) besok.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Myanmar: Soal Rekor Head to Head, Garuda Superior

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x