Kompas TV religi beranda islami

Doa yang Diajarkan Rasulullah untuk Mengatasi Rasa Takut dan Khawatir

Kompas.tv - Diperbarui 30 Oktober 2022, 13:39 WIB
doa-yang-diajarkan-rasulullah-untuk-mengatasi-rasa-takut-dan-khawatir
Foto ilustrasi orang berdoa. Di bawah ini merupakan doa ajaran Rasulullah untuk mengatasi rasa takut dan khawatir (Sumber: http://ushuluddin.unida.gontor.ac.id/)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Sebagai manusia biasa, sesekali kita pernah mengalami perasaan takut dan khawatir. Doa ajaran Rasulullah berikut ini bisa jadi akan membantumu melewati ketakutan dan kekhawatiran yang sedang melandamu.

Ketakutan dan kekhawatiran ini bisa berupa apa saja. Bisa jadi kerena kerjaan yang belum selesai, masalah rumah tangga hingga persoalan potensi kejahatan yang bisa jadi belum terjadi, tapi kita sudah takut dan khawatir.

Perasaan takut dan khawatir ini jika terus menerus ada dalam diri kita akan berpengaruh pada kondisi psikis seseorang. Di level tertentu, bisa jadi akan berpengaruh pada fisik dan tentu saja membuat banyak penyakit.

Untuk itulah, dalam Islam, jika mengalami hal seperti ini dianjurkan untuk memperbanyak zikir dan doa.  

Baca Juga: Doa yang Diajarkan Rasululllah ketika Menghadapi Masalah Berat

Doa di bawah ini merupakan ajaran Rasulullah dan diriwayatkan oleh Sahabat Ahmad. Anda bisa membacanya ketika sedang dilanda kekhawatiran, bisa juga dimulai dengan salat hajat agar pikiran jadi tenang dan apa yang kita inginkan dikabulkan.

Baca Juga: Bacaan Doa Al Quran agar Disegerakan Naik Haji atau Umrah

Doa Mengatasi Rasa Takut dan Khawatir

Doa ajaran Rasulullah untuk mengatasi rasa khawatir dan takut (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks latin: Allahumma inna naj'aluka fi nuhurihim wa na'udzubika min syururihim.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku menjadikan Engkau di leher mereka (agar kekuatan pada orang jahat itu tidak berdaya saat berhadapan dengan kami) dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan mereka." (HR. Ahmad, Abu Dawud).

Semoga Allah senantiasa melindungi kita dan menghilangkan perasaan takut dan khawatir yang melanda kita. Amin. Wallahu a’lam.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x