Kompas TV video lebih dekat dengan

Lebih Dekat dengan Nyoman Nuarta: Desain Terbaru Istana Garuda IKN, GWK dan Pertemuan Pertama Jokowi

Kompas.tv - 24 November 2021, 18:55 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

BANDUNG, KOMPAS.TV – Nyoman Nuarta menjadi pemenang sayembara konsep desain bangunan gedung khusus di Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur yang digelar oleh Kemen-PUPR.

Konsep yang ditawarkan oleh Nyoman Nuarta berupa Istana Negara Burung Garuda yang merupakan sinergi antara seni, sains dan teknologi.

Nyoman Nuarta menjelaskan mengapa ia memilih konsep Burung Garuda. Ia mengatakan konsep Garuda menjadi lambang persatuan dan mewakili keseluruhan bangsa Indonesia.

Baca Juga: Lebih Dekat Dengan Angkie Yudistia: Stafsus Presiden Jokowi, Perjuangkan Kaum Disabilitas

“Dan kalau ini saya pakai, saya kira dari 700 sekian itu bisa menentramkan hatinya tidak merasa direndahkan dilecehkan gitu loh, semua sama, itu itu prinsipnya, maka dari itulah Garuda saya pakai,” ujar Nyoman Nuarta dengan tim Lebih Dekat Dengan KompasTV pada 16 November 2021.

Dalam episode “Lebih Dekat Dengan” kali ini, Nyoman Nuarta juga bercerita mengenai pertemuan pertamanya dengan Presiden Jokowi melalui PM India.

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Esther Gayatri Saleh: Uji Nyali Pertaruhkan Nyawa Terbangkan N219 Perdana

Nyoman Nuarta telah banyak melahirkan karya fenomenalnya. Mulai dari Patung Proklamator di Tugu Proklamasi Jakarta, Patung Arjuna Wijaya di kawasan MH Thamrin Jakarta, Patung Jalesva Jayamahe TNI AL di Surabaya, hingga patung Garuda Wisnu Kencana di Bali.

Ia berharap kepada para seniman muda agar membangun identitas sendiri sebagai suatu kebanggaan untuk memajukan bangsa dengan keistimewaan budaya Indonesia.

Content Creator: Sadryna Evanalia

Campers: Rizal Wahyu Saputra

Video Editor: Vila Randita

Video Grafis: Agus Ilyas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.