Kompas TV internasional kompas dunia

Bezos Sumbang Rp1,4 Triliun ke Yayasan Obama, Donasi Individu Terbesar

Rabu, 24 November 2021 | 03:05 WIB
bezos-sumbang-rp1-4-triliun-ke-yayasan-obama-donasi-individu-terbesar
Pendiri Amazon.com Jeff Bezos saat berbicara di Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat (AS), 5 Mei 2016. Bezos mendonasikan 100 juta dolar ke Yayasan Obama milik mantan Presiden AS Barack Obama pada Senin (22/11/2021). Donasi ini tercatat sebagai donasi individu terbesar yang pernah diterima yayasan itu. (Sumber: AP Photo/Susan Walsh, file)

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Yayasan milik mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyatakan telah menerima donasi sebesar 100 juta dolar (atau setara Rp1,4 triliun) dari pendiri Amazon Jeff Bezos, Senin (22/11/2021). Hingga saat ini, donasi itu merupakan kontribusi individu terbesar yang pernah diterima Obama Foundation.

Dalam keterangannya seperti dilansir Associated Press pada Selasa (23/11/2021), Yayasan Obama menyatakan bahwa donasi dari Bezos dimaksudkan untuk membantu memperluas cakupan program yang menjangkau para pemimpin baru di AS dan dunia.

Donasi itu juga diberikan sebagai penghormatan terhadap John Lewis, anggota kongres dan ikon pejuang hak sipil yang meninggal dunia tahun lalu. Menurut Yayasan Obama, sebagai bagian donasi, Bezos telah meminta agar plaza di Pusat Kepresidenan Obama yang masih berada dalam tahap pembangunan di selatan Chicago, dinamai Lewis. 

Baca Juga: Sri Mulyani Bertemu Jeff Bezos, Bahas Prospek Pengembangan EBT

Gagasan ini disambut positif oleh Valeris Jarrett, mantan penasihat senior Obama yang menjabat sebagai CEO yayasan itu. Pihak yayasan menyatakan bahwa mereka memberikan kesempatan pada para donor untuk menghormati dan mengangkat nama-nama mereka yang telah berjuang untuk dunia yang lebih adil dan setara, dengan menamai ruang publik di pusat kepresidenan masa depan itu.

“Para pejuang kebebasan pantas mendapat tempat istimewa di jajaran para pahlawan, dan saya tak dapat memikirkan orang yang lebih pantas untuk dihormati dengan hadiah ini ketimbang John Lewis, seorang pemimpin hebat Amerika dan seorang pria dengan kesopanan dan keberanian luar biasa,” tutur Bezos.

“Saya senang mendukung Presiden dan Nyonya Obama dan yayasan mereka dalam misinya melatih dan menginspirasi para pemimpin masa depan,” imbuh Bezos.

Baca Juga: Blue Origin Milik Jeff Bezos Umumkan Akan Bangun Stasiun Luar Angkasa Swasta

Pembangunan proyek warisan Obama diperkirakan akan menelan biaya sekitar 830 juta dolar dan akan selesai pada tahun 2025. 

Secara terpisah, NYU Langone Health, pusat kesehatan yang berafiliasi dengan New York University, juga menyatakan telah menerima donasi sebesar 166 juta dolar (atau setara Rp2,3 triliun) dari Bezos dan keluarganya. Donasi ini akan digunakan untuk membantu kesehatan dan kesejahteraan populasi beragam di Rumah Sakit NYU Langone - komunitas Brooklyn, salah satu rumah sakit pendidikan dan pusat trauma di Brooklyn.

Penulis : Vyara Lestari

Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:46
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19