Kompas TV nasional hukum

Nirina Zubir Berharap Putusan Pidana Para Mafia Tanah Bisa Jadi Kekuatan Hukum buat Pemulihan Aset

Rabu, 24 November 2021 | 00:19 WIB
nirina-zubir-berharap-putusan-pidana-para-mafia-tanah-bisa-jadi-kekuatan-hukum-buat-pemulihan-aset
Tiga tersangka mafia tanah yang menipu artis peran Nirina Zubir dihadirkan saat konferensi pers di Polda Metro Jaya, Kamis (18/11/2021). Nirina Zubir berharap, putusan pengadilan terhadap para tersangka mafia tanah dapat menjadi pegangan untuk memulihkan hak sertifikat tanah orang tuanya. (Sumber: KOMPAS.com/ Tria Sutrisna)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Artis Nirina Zubir berharap putusan pengadilan terhadap para tersangka mafia tanah dapat menjadi pegangan untuk memulihkan hak sertifikat tanah orang tuanya.

Pengacara Nirina Zubir, Ruben Jeffry M Siregar menjelaskan, selain soal mafia tanah, kliennya akan berhadapan dengan pengadilan pidana untuk mengajukan gugatan terkait pemulihan aset yang dirampas para tersangka. 

Untuk itu dirinya berharap agar putusan pengadilan pidana dari para tersangka yang berkekuatan hukum tetap dapat dijadikan bukti hukum dalam pemulihan aset tanpa harus menjalani proses gugatan perdata terkait hak kepemilikan tanah. Termasuk juga sertifikat yang dijaminkan tersangka ke bank.

Baca Juga: Riri Khasmita Ungkap Pembelaan: Jual dan Balik Nama Aset Tanah atas Perintah Ibu Nirina Zubir

"Kami berharap dari putusan pidana bisa diketahui ada cacat administrasi dan substansi terhadap pendaftaran peralihan hak tersebut. Dan ini bisa dibawa ke Kanwil BPN (Badan Pertanahan Nasional) setempat dengan harapan membatalkan pendaftaran peralihan hak dan dikembalikan seperti semula," ujar pengacara Nirina Zubir, Ruben Jeffry M Siregar di program B-Talk KOMPAS TV, Selasa (23/11/2021).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Penanganan Sengketa Pertanahan Kementerian ATR/BPN Firdaus memastikan, sertifikat tanah milik keluarga Nirina Zubir tidak bermasalah. 

Menurut Firdaus, kasus ini pernah terjadi pada keluarga Dino Patti Djalal, dan hasil putusan pengadilan pidana dapat digunakan untuk pemulihan aset. 

"Sertifikat ini tidak bermasalah, yang bermasalah, transaksi membalikkan nama itu, berbeda kalau sertifikat bermasalah, dan kewenangannya ada di Kanwil BPN," terang Firdaus. 

Baca Juga: Kementerian ATR Akui Mafia Tanah Punya Jaringan Luas dan Modus yang Beragam

Dalam kasus ini, Polda Metro Jaya telah menetapkan lima tersangka. Tiga notaris yakni Faridah, Ina Rosaina dan Edwin Ridwan, serta suami istri mantan asisten rumah tangga keluarga Nirina, Endrianto dan Riri Khasmita.

Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:12
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19