Kompas TV nasional kesehatan

Bukan Menghancurkan Benda, Ini 5 Tips Melampiaskan Rasa Marah secara Sehat

Kompas.tv - 24 November 2021, 05:45 WIB
bukan-menghancurkan-benda-ini-5-tips-melampiaskan-rasa-marah-secara-sehat
Ilustrasi melampiaskan rasa marah di rage room. (Sumber: clevelandclinic.org)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Vyara Lestari

SOLO, KOMPAS.TV - Belakangan ini, warganet ramai membicarakan layanan rage room atau ruangan untuk menghancurkan benda-benda demi melampiaskan rasa marah.

Perlu diketahui, cara itu justru malah membuat seseorang tambah marah dan tidak menyelesaikan masalah. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian di Universitas Beihang, China.

Padahal, rasa marah yang tidak bisa dikelola akan menyebabkan banyak masalah, mulai membuat keluarga dan teman menjauh hingga menimbulkan masalah kesehatan.

Sebab itu, penting untuk mengelola rasa marah dengan memahaminya dan mengekspresikannya secara sehat serta produktif.

Baca Juga: Awas, Jangan Sebarkan Data Pribadi untuk Tantangan Media Sosial!

Berikut 5 tips melampiaskan rasa marah, dikutip dari verywellmind.com:

1. Identifikasi Pemicu

Jika Anda terbiasa kehilangan kesabaran, perhatikan hal-hal yang memicu kemarahan Anda, seperti antrean panjang, kemacetan lalu lintas, komentar pedas, atau kelelahan yang berlebihan.

Bila memahami hal-hal yang memicu kemarahan itu, Anda dapat membuat rencana dalam satu hari agar terhindar dari pemicu rasa marah itu.

Anda juga bisa mempersiapkan beberapa teknik manajemen rasa marah, jika akan menghadapi keadaan yang biasanya membuat frustasi.

2. Berolahraga

Salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan lonjakan energi dari rasa marah adalah dengan melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan cepat atau melakukan kardio di gimnasium.

Olahraga teratur juga membantu mengurangi stres, yang dapat meningkatkan kemampuan untuk mengatasi rasa frustrasi. Selain itu, olahraga memungkinkan Anda menjernihkan pikiran. 

3. Relaksasi

Ada banyak latihan relaksasi yang dapat Anda manfaatkan untuk mengurangi kemarahan. Kuncinya adalah menemukan yang paling cocok untuk Anda. 



Sumber : verywellmind.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x