Kompas TV internasional kompas dunia

Kapal Perusak AS Lewat Selat Taiwan, China Protes

Kompas.tv - 23 November 2021, 22:25 WIB
kapal-perusak-as-lewat-selat-taiwan-china-protes
Ilustrasi kapal perusak AS. Kapal perusak AS kembali memasuki Selat Taiwan pada Selasa (23/11/2021). China memprotes pelayaran ini. (Sumber: CNN)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

BEIJING, KOMPAS.TV - China memprotes kapal perusak Amerika Serikat (AS) yang melewati Selat Taiwan. Beijing menyebut manuver AS tersebut adalah langkah sengaja untuk mengganggu stabilitas wilayah itu.

Kapal perusak kelas Arleigh Burke USS Milius transit di Selat Taiwan pada Selasa (23/11/2021). China pun segera mengecamnya.

AS menyebut pelayaran ini “sesuai dengan hukum internasional”.

Menurut Angkatan Laut AS, pelayaran kapal perusak itu adalah untuk “mendemonstrasikan komitmen AS terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.”

“Militer Amerika Serikat terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun selama diizinkan hukum internasional,” tulis pernyataan Armada ke-7 Angkatan Laut AS dikutip Associated Press.

Baca Juga: Dalam KTT ASEAN-China, Presiden Xi Jinping Katakan Negaranya Tidak Mencari Hegemoni

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri China menyebut kapal perang AS sedang “melenturkan otot dan berulangkali membuat masalah di Selat Taiwan atas nama kebebasan navigasi.”

“Ini bukanlah komitmen terhadap kebebasan dan keterbukaan, tetapi upaya sengaja untuk mengganggu dan meremehkan kedamaian dan stabilitas regional,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian.

Angkatan Laut AS dilaporkan rutin transit di Selat Taiwan yang memisahkan Taiwan dengan China.

AS sendiri tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Tawian. Namun, Washington aktif mempersenjatai negara-pulau itu dan menaruh perhatian terhadap konflik mereka dengan China.

China selama ini mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya. Presiden Xi Jinping pun mendesakkan agenda reunifikasi kepada Taipei.

Baca Juga: Pesawat Pengebom Nuklir China Terobos Zona Pertahanan Udara Taiwan, Ada Apa?


 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.