Kompas TV nasional kesehatan

Satgas Jelaskan 4 Hal yang Harus Dilakukan agar Indonesia Segera Masuk Fase Endemi Covid-19

Kompas.tv - 23 November 2021, 20:29 WIB
satgas-jelaskan-4-hal-yang-harus-dilakukan-agar-indonesia-segera-masuk-fase-endemi-covid-19
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito (Sumber: Dok. BNPB)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengajak seluruh pihak untuk menjaga penanganan Covid-19 yang sudah membaik agar Indonesia dapat segera menuju tahapan perkembangan kasus yang lebih terkendali, yaitu status endemi.

Untuk diketahui, endemi merupakan kondisi di mana kasus masih tetap ada di beberapa wilayah namun dengan jumlah kasus yang rendah serta laju penularan yang stagnan.

Wiku menyebut diperlukan upaya-upaya yang harus dilakukan agar Indonesia dapat segera menuju fase endemi.

Pertama, kata dia, yakni penetapan indikator endemi secara luas atau percakupan daerah dilakukan oleh pemerintah dengan menggandeng para pakar.

"Kedua, pemantauan kasus melalui survelians (pengawasan) kasus dan genomic Covid-19 secara konsisten," kata Wiku dalam konferensi pers secara daring seperti yang disiarkan kanal YouTube BNPB, Selasa (23/11/2021). 

Ketiga, lanjut dia, terus menekan angka kasus berat dan kematian menjadi angka kesembuhan yang tinggi.

Wiku menyebut hal tersebut dapat dilakukan melalui upaya vaksinasi, perawatan serta pengobatan kasus yang berkualitas.

Baca Juga: 80 Persen Warga RI Diduga Sudah Kena Varian Delta, Begini Kata Satgas Covid-19

"Keempat, menjaga laju penularan tetap dalam kondisi rendah dan terkendali," ujarnya.

Menurut Wiku, target itu bisa dicapai dengan memasifkan testing dan tracing. Serta adanya penyesuaian aktivitas masyarakat yang aman dan produktif serta mobilitasnya.

Meski demikian, dia mengingatkan bahwa transisi menuju endemi dapat sewaktu-waktu terhambat akibat lonjakan kasus yang kembali terjadi.

Untuk itu diharapkan kerja sama berbagai elemen masyarakat agar perkembangan kasus di Indonesia yang semakin membaik terus bertahan. Terutama sebelum, saat, dan setelah libur Natal dan tahun baru (Nataru).
 
"Jadikan momen Nataru 2021 menjadi pembuktian pada dunia bahwa Indonesia mampu dengan baik mengantisipasi lonjakan kasus," ungkapnya.

Meskipun saat ini aktivitas kembali normal, namun Wiku tetap menekankan protokol kesehatan harus tetap dijalankan dengan disiplin. 

Baca Juga: Upaya Pemerintah Akhiri Pandemi Covid-19 Jadi Endemi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x