Kompas TV olahraga kompas sport

Bukan Roti, Apa Makanan Para Pembalap selama WSBK Indonesia 2021?

Kompas.tv - 23 November 2021, 20:08 WIB
bukan-roti-apa-makanan-para-pembalap-selama-wsbk-indonesia-2021
Pembalap Kawasaki Racing Team Jonathan Rea jelang WSBK Indonesia di Sirkuit Mandalika. (Sumber: World Superbike)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Vyara Lestari

LOMBOK, KOMPAS.TV - Sebagian orang mungkin bertanya-tanya, apa makanan para pembalap selama mengikuti WSBK Indondesia 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok? Apa mereka makan makanan khas Indonesia? 

Seorang chef atau juru masak profesional bernama Rafael dari tim Kawasaki Racing Team (KRT) WorldSBK membeberkan soal makanan para pembalap di timnya.

"Kami memasak sendiri semua makanan yang diberikan kepada kru tim dan pembalap, juga para tamu KRT di area hospitality kami," kata laki-laki dengan panggilan akrab Rafa itu di Mandalika pada Sabtu (20/11/2021), dikutip dari gridoto.com.

Baca Juga: Tertangkap Saat WSBK, Sindikat Copet Asal Jakarta Ternyata Sudah Punya Rencana Besar di MotoGP 2022

Tidak hanya memasak, tim KRT biasanya juga membawa sendiri nyaris semua bahan makanan yang mereka butuhkan selama akhir pekan balap jika mengikuti seri-seri WSBK di benua Eropa. 

"Di Eropa, kami membawa sendiri pasta, minyak zaitun, dan daging dari Barcelona (markas KRT). Karena kami ingin punya standar yang sama untuk semua balapan di sana," tutur Rafa.

Akan tetapi, bila WSBK berlangsung di luar Eropa, tim KRT lebih banyak membeli bahan makanan yang ada di negara penyelenggara.

"Sementara untuk balapan lain kami membeli roti, yoghurt dan bahan-bahan segar lainnya seperti sayuran di kawasan sekitar sirkuit," ujar Rafa.

"Tapi untuk daging dan bahan-bahan kering tetap kami bawa dari Barcelona," imbuhnya.

Menurut Rafa, daging dan bahan-bahan kering itu tetap dibawa dari markas KRT untuk mempermudah pengecekan kualitas dan menjaga kesehatan anggota tim mereka.

Baca Juga: Jelang WSBK Kemarin, Banyak Anjing Mati di Sekitar Mandalika, Warga Duga Diracun

Perlu diketahui, dua rider KRT yaitu Jonathan Rea dan Alex Lowes ternyata tidak jarang makan dengan menu yang sama seperti anggota tim lainnya.

Namun, tim KRT biasanya lebih ketat mengontrol menu makanan kedua pembalap itu menjelang balapan.

Misalnya, mereka tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi gula, tak memakan makanan dengan minyak goreng, serta tidak boleh terlalu pedas.

"Misalnya, untuk WorldSBK Indonesia 2021 ini Jonny (Jonathan Rea) akan makan nasi disertai ayam dan brokoli sebelum balapan," beber Rafa.

"Sementara di hari-hari sebelum akhir pekan balap, ia makan makanan yang sama seperti anggota tim lainnya," tambahnya.

Baca Juga: Manchester United Yakin Bisa Kontrak Pochettino, Tanda Bakal Segera Negosiasi?



Sumber : gridoto.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x