Kompas TV nasional peristiwa

Wapres soal Desakan Pembubaran MUI: Sangat Tidak Rasional

Kompas.tv - 23 November 2021, 18:59 WIB
wapres-soal-desakan-pembubaran-mui-sangat-tidak-rasional
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menyebut tuntutan pembubaran MUI tidak rasional. (Sumber: FB Anggoro)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin menanggapi terkait tuntutan pembubaran Majelis Ulama Indonesia (MUI) lantaran ditangkapnya salah satu pengurus yang diduga terlibat tindak pidana terorisme. 

Menurut Ma'ruf yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat, tuntutan tersebut tidak rasional.

“Akhir-akhir ini banyak atau ada sekelompok yang menginginkan supaya MUI dibubarkan. Seperti banyak jawaban yang diberikan oleh para tokoh masyarakat, tuntutan itu memang sangat tidak rasional. Saya sependapat dengan pendapat para tokoh itu,” kata Ma'ruf dalam keterangan persnya, Selasa (23/11/2021). 

Dia kemudian memaparkan terkait wujud nyata MUI dalam pemberantasan terorisme di Indonesia. 

Salah satunya yakni, MUI, kata Ma'ruf, telah sejak lama membuat fatwa bahwa tindak terorisme ialah perbuatan haram dan bukan termasuk jihad.

"Fatwa inilah kemudian yang dijadikan sebagai rujukan, referensi dari berbagai upaya penanggulangan dan pemberantasan terorisme," jelasnya. 

Selain itu, Wapres menyebut MUI juga menginisiasi dibentuknya Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

"Tidak hanya membuat fatwa, tapi juga membuat lembaga yang menanggulanginya, namanya Tim Penanggulangan Terorisme (TPT), yang ketuanya juga saya sendiri. Saya sendiri yang mengetuai itu,” ungkapnya. 

Baca Juga: Wakil Ketua MPR: Polemik Pembubaran MUI Harus Segera Dihentikan!

“Ketika itu, penanggulangan terorisme negara masih dalam bentuk desk terorisme di Menkopolhukam. TPT ini bersama dengan desk terorisme itu terus melakukan upaya-upaya sosialisasi dalam rangka menangkal terorisme, menangkal radikalisme," jelasnya.

"Bahkan MUI bersama dengan ormas-ormas Islam lainnya, bersama dengan pemerintah dalam hal ini Menko Polhukam, menginisiasi lahirnya Badan Nasional Penanggulangan Terorisme,” lanjut Ma'ruf.

Sebab itu, dia menilai apabila ada masalah di dalam sebuah organisasi, maka yang harus segera dibenahi adalah masalahnya, bukan pembubaran organisasi.

“Jangan karena satu orang, namanya penyusupan, di mana-mana ada penyusupan itu. Jadi, bukan rumahnya yang dibakar tapi ya tikusnya itulah,” tegas Wapres.

Menutup keterangan persnya, kembali Wapres menegaskan bahwa ia mendukung dilakukannya penegakan hukum yang adil dan sesuai ketentuan terhadap siapapun yang melakukan tindak kejahatan, termasuk terorisme.

Seperti diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, beberapa hari belakangan terdapat tuntutan di masyarakat untuk pembubaran MUI akibat dugaan terorisme.

Hal ini berawal dari adanya penangkapan tiga orang terduga teroris yang disinyalir menjadi anggota Jamaah Islamiyah (JI) oleh Densus 88 Antiteror Mabes Polri dimana salah satu dari ketiga tersangka adalah seorang anggota MUI Pusat. 

Baca Juga: Mahfud MD Tanggapi Soal Desakan Pembubaran MUI Terkait Penangkapan Teroris

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.