Kompas TV nasional kriminal

Saat Aksi Penyamaran Polisi Berujung Petaka, Malah Ditabrak dan Dilindas Bandar Narkoba yang Curiga

Kompas.tv - 23 November 2021, 18:01 WIB
saat-aksi-penyamaran-polisi-berujung-petaka-malah-ditabrak-dan-dilindas-bandar-narkoba-yang-curiga
Tangkapan layar suasana saat kejadian tabrak lari yang menimpa anggota polisi saat mengejar bandar narkoba di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (20/11/2021). (Sumber: ANTARA/Khaerul Izan)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat bernama Iptu Lukas Marbun menjadi korban saat melakukan operasi penangkapan terhadap bandar narkoba di daerah Cirebon, Jawa Barat, pada Minggu (21/11/2021).

Diketahui, Iptu Lukas Marbun ditabrak dan dilindas oleh bandar narkoba yang hendak ditangkap. Akibatnya, korban mengalami luka cukup parah pada bagian kakinya. 

Baca Juga: Detik-detik Polisi Jadi Korban Tabrak Lari Bandar Narkoba hingga Patah Tulang Kaki di Tol Palikanci

Kasat Reserse Narkoba Polres Jakarta Pusat Kompol Indrawienny Panjiyoga mengungkapkan kronologi kejadian nahas yang menimpa anggotanya tersebut.

Peristiwa itu berawal dari pengembangan kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu di wilayah Jakarta Pusat (Jakpus).

Polisi yang melakukan serangkaian penyelidikan, mendapatkan petunjuk yang mengarah kepada bandar sabu-sabu di Cirebon, Jawa Barat. 

Untuk menangkap bandar narkoba tersebut, diputuskan petugas kepolisian melakukan penyamaran atau undercover dengan berpura-pura menjadi pembeli sabu-sabu.

Baca Juga: Satu Bandar Narkoba yang Tabrak Polisi Ditangkap di Jawa Tengah

"Kami pun kemudian bertransaksi di daerah Cirebon itu," kata Panjiyoga yang dikutip dari Kompas.com pada Selasa (23/11/2021).

Panjiyoga mengatakan, pihaknya kemudian menyepakati untuk bertransaksi di Rest Area Km 208 Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. 

Saat itu, terdapat dua anggota polisi yang ditugaskan untuk melakukan penyamaran sebagai pembeli. Selain Iptu Lukas Marbun, anggota lainnya yaitu Aipda Sumardi.

"Saat akan melakukan transaksi, TO (target operasi) ini agak curiga akhirnya dia melarikan diri. Kami cegat, anggota yang di depan (Iptu Lukas Marbun) ditabrak sama dia," ucap Panjiyoga.

Baca Juga: 35 Kilogram Sabu Senilai Rp 53 Miliar Diamankan dari Bandar Narkoba yang Lindas Polisi

Setelah ditabrak mobil bandar narkoba, kata Panjiyoga, kaki kiri Iptu Lukas ternyata ikut terlindas sehingga mengakibatkan patah tulang.

Sementara itu, polisi yang bersembunyi di sekitar lokasi langsung melepaskan tembakan ketika mengetahui buruannya kabur. Namun sayang upaya tersebut hanya mengenai sisi kiri pintu mobil bandar narkoba.

Tak ingin buruannya lepas begitu saja, Panjiyoga melanjutkan, petugas kepolisian kemudian mengejar mobil bandar narkoba hingga ke permukiman warga.

"Lumayan jauh mengejarnya. Dia masuk ke perkampungan," kata Panjiyoga.

Baca Juga: Polisi Jadi Korban Tabrak Lari Saat Kejar Bandar Narkoba, Polres Jakpus Buru Pelaku



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x