Kompas TV video sinau

Kenapa Manusia Punya Garis di Telapak Tangan? Ternyata Ini Fungsinya

Kompas.tv - 25 November 2021, 20:10 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Tangan adalah salah satu bagian tubuh manusia yang paling sering digunakan dalam beraktivitas.

Jari-jari tangan, punggung tangan, telapak tangan, hingga pergelangan tangan punya fungsi masing-masing, termasuk garis-garis di telapak tangan atau dalam bahasa ilmiah dikenal dengan palmar flexion creases (lipatan fleksi telapak tangan).

Lipatan ini mulai terbentuk sekitar trimester ketiga saat bayi di dalam kandungan. Fungsi utama garis tangan adalah membantu kulit tangan untuk meregang dan meremas.

Saat mengepalkan tangan, garis telapak tangan akan membantu kulit tangan dapat terlipat. Garis tangan juga memudahkan untuk memegang sesuatu, mengambil barang atau semua aktivitas fisik yang menggunakan tangan.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Secara Alami Kulit Tangan yang Terasa Kering

Jika bukan karena garis-garis di telapak tangan, kantong-kantong kulit yang kendur akan bergelantungan di bawah telapak tangan dan jari-jari.

Dilansir dari Science ABC, kebanyakan orang memiliki tiga lipatan yang menonjol di permukaan telapak tangan, yang dikenal dengan lipatan telapak tangan distal, proximal, dan thenar.

Lipatan distal membentang di sepanjang bagian atas telapak tangan yang dimulai dekat dengan jari kelingking, dan berakhir di pangkal jari tengah atau telunjuk, atau di antara keduanya.

Kemudian lipatan palmar berada di tengah atau di bawah lipatan distal, membentang dari satu ujung tangan ke ujung lainnya. Sementara lipatan thenar melintang secara vertikal di sekitar pangkal ibu jari.

Namun ada juga yang hanya memiliki satu garis tangan, atau dikenal dengan garis tangan simian line. Menurut penelitian, simian line adalah kondisi unik dan hanya terjadi pada 1 dari 30 orang di dunia.

Selain itu, ketebalan dan jumlah lipatan di telapak tangan juga bergantung pada faktor-faktor seperti riwayat keluarga dan ras.

Baca Juga: Cara Melatih Kekuatan Pergelangan Tangan di Rumah

(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.