Kompas TV nasional berita utama

SBY Ungkap Langsung Kondisi Terkini Dirinya Pasca Operasi Besar Angkat Kanker Prostat

Kompas.tv - 23 November 2021, 11:34 WIB
sby-ungkap-langsung-kondisi-terkini-dirinya-pasca-operasi-besar-angkat-kanker-prostat
Kondisi terkini SBY setelah menjalani operasi kanker prostat. (Sumber: Dokumentasi Pribadi AHY)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

AMERIKA SERIKAT, KOMPAS.TV- Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono telah menjalani tindakan medis operasi besar untuk mengangkat prostat yang di dalamnya terdapat sel-sel kanker.

Keterangan disampaikan SBY melalui postingan di Instagram @aniyudhoyono, Selasa (23/11/2021).

“Alhamdulillah, saya telah menjalani tindakan medis, operasi besar, major operation untuk mengangkat prostat saya yang didalamnya ada sel-sel kanker,” ucap SBY.

“Operasi pengangkatan prostat yang saya alami telah berjalan dengan baik dan lancar, sesuai dengan ekspektasi baik dengan tim dokter Indonesia maupun tim dokter Mayo Clinic dan tentunya harapan saya sendiri.”

SBY lebih lanjut mengatakan, pasca tindakan medis dirinya masih melakukan pemulihan dan juga kontrol kesehatannya.

Baca Juga: Sorot Pertemuan Politik Megawati, Prabowo dan Puan di Istana, Andi Mallarangeng Bandingkan Zaman SBY

“Sejauh ini pasca tindakan yang dilaksanakan 11 hari yang lalu, tim Dokter menyimpulkan bahwa apa yang saya alami ini sesuai dengan perkiraan bagi siapapun yang menjalani operasi pengangkatan kanker prostat yang dideritanya,” ujarnya.

“Operasi besar yang saya jalani ini tentu memiliki risiko, saya tahu dan pada usia saya yang ke-72 tahun ini, risiko itu bertambah besar. Namun saya sudah mengambil keputusan dan berkonsultasi dengan tim Dokter Indonesia, utamanya tim Dokter kepresidenan.”

Di samping itu, SBY menambahkan tim dokter Mayo Clinic juga berpendapat keputusan dirinya untuk menjalankan operasi sebagai pilihan tepat.

“Setelah melihat hasil patologi kanker yang ada dalam tubuh saya maka pilihan ini sudah tepat dan benar. Mereka juga memiliki optimisme pada saatnya apa yang saya alami ini bisa diatasi dan bisa kembali normal,” kata SBY.

Untuk mempercepat penyembuhan, SBY menyampaikan dirinya akan patuh menjalankan setiap instruksi dokter yang menangani kesehatannya.

Baca Juga: Kondisi Terkini SBY di AS, Operasi Kanker Prostat Berhasil Kini Proses Pemulihan

“Saya akan patuh untuk menjalankan apa-apa yang perlu saya lakukan sebagai pasien pasca-operasi di Mayo Clinic ini,” ucap SBY.

Dalam pernyataannya, SBY kemudian berterima kasih kepada rakyat Indonesia karena telah mendoakan kesehatannya.

“Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih dengan rasa syukur dan rasa haru, semua doa yang disampaikan kepada saya, memohon pertolongan Allah agar pengobatan saya berlangsung dengan baik,” tutur SBY.

Lebih lanjut, SBY juga secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin atas kepedulian perhatian dan bantuannya untuk pengobatannya di Amerika Serikat.

“Saya juga menghaturkan terima kasih kepada Ibu Megawati Soekarnoputri, Presiden Republik Indonesia kelima atas perhatian, kepedulian, dan doa baik beliau terhadap apa yang saya alami sekarang ini,” ucapnya.

“Juga kepada Bapak Yusuf Kalla, Bapak Budiono atas juga doanya yang disampaikan kepada saya dan keluarga. Juga dapat saya Perdana Menteri Singapura dan menteri luar negeri Singapura.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.