Kompas TV regional sosial

Jelang Natal dan Tahun Baru, Perum Bulog Sumut Salurkan Bahan Pokok untuk Pasar Murah

Kompas.tv - 23 November 2021, 07:27 WIB
jelang-natal-dan-tahun-baru-perum-bulog-sumut-salurkan-bahan-pokok-untuk-pasar-murah
Ilustrasi - Perum Bulog mulai menyalurkan berbagai bahan pokok untuk keperluan kegiatan pasar murah menjelang Natal dan tahun baru. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

MEDAN, KOMPAS.TV – Perum Bulog mulai menyalurkan berbagai bahan pokok untuk keperluan kegiatan pasar murah menjelang Natal dan tahun baru di 10 kabupaten/kota di provinsi Sumatera Utara.

"Stok bahan pokok Bulog Sumut cukup aman untuk mendukung kegiatan pasar murah. Selain itu, Bulog juga sudah menggelontorkan berbagai bahan pokok untuk kegiatan pengendalian harga jelang Natal dan tahun baru," ujar Pemimpin Wilayah Perum Bulog  Sumut Arif Mandu di Medan, seperti dikutip dari Antara pada Selasa (23/11/2021).

Lebih lanjut, Arif mengatakan, stok bahan pokok Bulog Sumut cukup aman hingga untuk akhir tahun 2021 bahkan awal 2022. Dengan stok yang aman, maka pasokan untuk pasar murah Pemprov Sumut dijamin lancar.

Adapun, beberapa rincian stok yang ada di Bulog Sumut saat ini antara lain, stok cadangan beras pemerintah (CBP) Sumut masih ada 9.825 ton dan komersial 887,69 ton, stok gula ada 270,27 ton dan daging beku impor sebanyak 29,76 ton.

Disebutkan juga, minyak goreng yang pengadaannya dari lokal juga masih lumayan banyak. "Bulog siap mendukung kegiatan pasar murah yang digelar Pemprov di 10 kabupaten kota untuk pengamanan ketersediaan dan menekan gejolak harga," kata Arif.

Baca Juga: Harga Jagung Pakan Melambung, Bulog Turun Tangan Salurkan Sesuai HAP ke Peternak

Penjabat Sekda Provinsi Sumut Afifi Lubis mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumut menggelar pasar murah di 10 kabupaten/kota Sumut itu sejak 17-26 November 2021.

Sepuluh kota/kabupaten yang dimaksud yaitu, Kota Medan, Binjai, Pematangsiantar, Kabupaten Deliserdang, Karo, Dairi, Toba, Samosir, Labuhanbatu Selatan dan Padanglawas.

Daerah itu ditetapkan sebagai lokasi pasar murah karena melihat data menyangkut soal ketersediaan bahan pokok, tren gejolak harga hingga jarak dari pusat distribusi.

"Pasar murah kali ini diupayakan difokuskan pada komoditas minyak goreng yang harga jualnya sedang naik terus dampak harga bahan baku CPO (crude palm oil) naik terus," ujarnya.

Sedikitnya ada 22.000 liter minyak goreng yang akan digelontorkan dalam kegiatan pasar murah di Sumut.

Baca Juga: Mendag Siapkan Stok Minyak Goreng untuk Redam Kenaikan Harga

 



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x