Kompas TV regional berita daerah

Cegah Banjir, Warga di Banjarmasin Bersihkan Sungai dan Bongkar Penghambat Arus Air

Senin, 22 November 2021 | 21:51 WIB

Penulis : KompasTV Banjarmasin

BANJARMASIN, KOMPAS.TV – Mencegah banjir di kawasan permukiman mereka kembali terjadi, warga di enam RT mulai dari RT 65 hingga 70  di kawasan Komplek Herlina Perkasa Kelurahan Sungai Andai Kota Banjarmasin bergotong royong membersihkan alur sungai dan gorong gorong pada minggu pagi (21/11/2021).

Baca Juga: Air Leding Macet, Warga Berencana Gugat PDAM Banjarmasin

Warga langsung turun ke Sungai Layung yang berada dekat di sekitar lingkungan mereka dan membersihkannya dari sampah serta tumbuhan air yang menghambat aliran air.

Pengalaman pada Januari 2021 lalu banjir membuat kawasan ini nyaris terisolir karena berada di ujung wilayah daratan dan terkepung banjir.

“Untuk antisipasi banjir , mudah-mudahan  dengan kegiatan ini  air benar-benar mengalir terkendali sehingga masyarakat tidak lagi kebanjiran,” ungkap ketua RT 68 Kelurahan Sungai Andai Banjarmasin, Muliadi.

Baca Juga: Banjir HST Akibat Penebangan Liar ? Pemkab Sebut Tutupan Lahan Hanya Tersisa 31 %

Gotong-royong dilakukan di banyak titik menyesuaikan blok di permukiman warga untuk memudahkan dan mengefektifkan luasan cakupan wilayah yang dibersihkan.

Warga juga dibantu relawan pemadam kebakaran setempat untuk menyemprotkan air pada saluran yang tersumbat  dan sulit dijangkau.

Sementara dengan kesadarannya, warga juga mengikhlaskan bagian halaman yang di tembok dengan semen untuk dibongkar agar ditemukan sumbatan yang menghambat aliran air di gorong-gorong.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x