Kompas TV regional berita daerah

3 Kakak Beradik Tidak Naik Kelas Akibat Tak Punya Nilai Agama

Kompas.tv - 22 November 2021, 21:33 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - 3 kakak beradik di sekolah dasar tak bisa naik kelas selama tiga tahun, karena nilai agama di rapor. Orang tua siswa melakukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Samarinda.

3 kakak beradik ini selama 3 tahun berturut-turut dari 2018-2021 tidak naik kelas karena tidak memiliki nilai agama di rapor. Persoalannya lantaran ketiga anak ini menganut Agama Saksi Yehuwa, keyakinan ini belum diakui negara.

Orang tua siswa menumpuh jalur hukum dengan mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Samarinda. Perkara ini sudah masuk tahap persidangan dan akan dilakukan pada 23 November secara daring.

Baca Juga: KPAI Terima Aduan 3 Siswa SD Tak Naik Kelas 3 Kali, Diduga karena Agama yang Dianut

Sebelumnya orang tua siswa juga telah mengajukan gugatan ke PTUN dan selalu menang. Namun tetap saja di kelas pendidikan agama, ketiga anak mereka tak diizinkan atau dipersulit sehingga tak bisa masuk kelas.

Pihak Dinas Pendidikan dan pemerintah setempat telah berupaya memediasi namun tidak ada titik terang. Saat ini komisioner KPAI dan tim dari Kemendikbud turun tangan menuju ke tarakan untuk menyelesaikan kasus ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x