Kompas TV video sinau

Tak Hanya WSBK, Kenali Jenis-jenis Balapan Motor Resmi Berikut Ini

Senin, 22 November 2021 | 21:15 WIB

Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Olahraga balap motor sudah lama menjadi tontonan yang menarik. Menyenangkan sekaligus menegangkan, melihat atlet andalan sedang berlaga melawan rival di lintasan.  Ada yang beradu di lintasan aspal, ada pula yang bersaing di lintasan tanah.

Persaingan kuda besi ini menarik minat berbagai kalangan di seluruh dunia. Tak jarang, anak muda atau remaja  terinspirasi untuk menjadi seorang pembalap resmi dan berlaga di ajang yang bergengsi. Nah, mari kita ketahui bersama jenis-jenis balap motor yang resmi.

Dirangkum dari berbagai sumber , berikut beberapa jenis ajang balap motor:

1.MotoGP

Motor motoGP ini adalah mesin berkapasitas 1000 cc yang harus melahap 22 lap atau putaran.

2. World Super Bike

Motor yang digunakan adalah motor sport berkapasitas 1000 cc yang dijual secara massal.

3.Super Moto

Desain dasar motornya adalah motor trail. Dengan modifikasi tersendiri,  yaitu pada stang dan juga ukuran ban. Ukuran ban motor super moto lebih besar daripada motor trail.

4.Moto Cross

Balap motor menggunakan lintasan tanah. dengan berbagai bentuk rintangan.

5.Drag Race

Balap motor ini menggunakan jalur lintasan lurus, dengan jarak tertentu. Biasaya dengan kategori 200 meter dan 500 meter.

6.Road Race

Balap motor menggunakan motor yang dijual secara masal. dengan kapasitas mesin 110 sampai 150 cc.

Baca Juga: Ketika Toprak Razgatlioglu Diminta untuk Cicipi Ketoprak

https://www.kompas.tv/article/234212/ketika-toprak-razgatlioglu-diminta-untuk-cicipi-ketoprak 

Grafis: Joshua Victor

Sumber : diolah dari berbagai sumber


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:46
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19