Kompas TV advertorial

Jalan Usaha Tani Bangkitkan Produktivitas Pertanian dan Potensi Ekowisata Desa Cikolelet

Kompas.tv - 22 November 2021, 19:15 WIB
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV – Untuk mendukung produktivitas dan keamanan petani, pemerintah kembali melanjutkan program Jalan Usaha Tani (JUT) di akhir 2021. Kali ini, sasarannya adalah Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Serang, Banten.

“Jalan kemarin sudah rusak. Sejak ada jalan pertanian, kami dan masyarakat sangat bersukur,” kata Said, Ketua Kelompok Usaha Tani Mekar Jaya.

Petani di Desa Cikolelet memilih jalan pertanian cor agar lebih kuat dan tahan lama. Jalan usaha tani merupakan program padat karya yang melibatkan seluruh anggota kelompok tani untuk meningkatkan produktivitas petani.

Selain pembangunan jalan usaha tani, Dinas Pertanian juga memiliki program pertanian terpadu.

“Kelompok tani di sini sudah ada perubahan. Awalnya hanya ada peternakan kambing dan domba, setelah pembinaan, kelompok tani mengembangkan pendapatannya ke sapi perah susu,” tutur Ahmad Khotib, penyuluh pertanian yang bertugas di lima desa.

Kebid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Serang, Puji Astuti menerangkan, tujuan pembangunan pertanian dan peternakan adalah meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini diwujudkan dengan mengembangkan bantuan berupa alat pengolahan tahu, hewan ternak kambing, serta program pembinaan.

Dengan adanya bantuan itu, warga desa dapat mengembangkan peternakan hingga menambah burung puyuh dan bebek. Warga juga mengelola pabrik tahu dari alat bantu yang diberikan.

"Kalau desa ini dijadikan tempat pelatihan, kita harus menunjukkan ke orang kalau produktivitas di desa ini tinggi. Ke depannya, ketika orang ingin melihat tempat pelatihan pertanian kecil tetapi isinya penuh bisa dibawa ke Desa Cikolelet,” terang Puji.

Saat ini, sudah ada mahasiswa juga dilibatkan dalam pembangunan desa ini. Ada mahasiswa magang dari Institut Pertanian Bogor dan beberapa siswa dari SMA bidang pertanian turut berkontribusi.

Puji berharap, Desa Cikolelet diharapkan dapat menjadi pusat pendidikan, wisata, dan pelatihan magang di bidang pertanian.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.