Kompas TV regional berita daerah

Dusun Manggalapi, Jalur Sunyi Perlintasan Kelompok Teroris

Kompas.tv - 22 November 2021, 15:45 WIB
Penulis : Edika ipelona

SIGI, KOMPAS.TV - Jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan terisolasi itulah Dusun Manggalapi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Dusun kecil ini pun sempat menjadi tempat perlintasan kelompok teroris yang masuk dalam daftar pencarian orang Poso.

Dusun Manggalapi, Desa Rejeki, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi adalah salah satu dusun yang berbatasan dengan desa di Kabupaten Parigi Moutong. Berada di daerah pegunungan terpencil dan akses jalan yang sulit membuat desa ini terpecil.

Dari informasi yang didapati Satuan Tugas Operasi Madago Raya, sejumlah orang tak dikenal diduga kelompok daftar pencarian orang di Poso sempat melintasi dusun kecil ini. Untuk menjamin keamanan warga di desa itu, dibangunkan lah pos sekat Madago Raya. Aparat gabungan TNI dan Polri disiagakan di pos itu.

Baca Juga: Mendiang Serka Anumerta Ari, Korban Kontak Tembak Teroris Papua Akan Dimakamkan di Kampung Halaman

Meski keamanan sudah dijamin oleh Satgas Madago Raya, Dusun Manggalapi ini masih butuh perhatian pemerintah. Wilayah yang terpencil ikut menyulitkan pertumbuhan ekonomi di daerah ini. Jalur terdekat harus ditempu sampai satu hari karena medan yang sulit dan ditempuh berjalan kaki. Belum lagi jaringan telekomunikasi yang sulit dan listrik yang hanya mengandalkan tenaga surya dan mesin genset.

Dusun manggalapi ini didiami 38 kepala keluarga atau 189 jiwa. Penduduknya sebagian besar bekerja sebagai petani. Pemasaran hasil taninya hanya dapat dijual di Kecamatan Palolo dengan akses jalan yang sulit.

Video Editor: Febi Ramdani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.