Kompas TV tekno gadget

Bocoran Desain iPhone 14 Dikabarkan Gunakan USB C

Kompas.tv - 22 November 2021, 13:46 WIB
bocoran-desain-iphone-14-dikabarkan-gunakan-usb-c
Ilustrasi USB C (Sumber: Kompas.com/Oik Yusuf)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Belum usai euforia meluncurnya iPhone 13, muncul bocoran desain iPhone 14, termasuk kabar penggunaan USB C alih-alih menggunakan Lightning.

Melansir Phone Arena, Senin (22/11/2021), beberapa sumber anonim mengungkapkan bahwa Apple sedang mempertimbangkan untuk mengganti port Lightning mereka dengan port USB C untuk seri iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Bukan tanpa alasan, Apple mempertimbangkan alternatif tersebut karena transfer yang lebih cepat pada USB C.

Baca Juga: IPhone 13 Resmi Dijual di Pasar Indonesia, Harga Mulai dari Rp12,999 Juta

Selain itu, proposal di Uni Eropa (UE) yang mengharuskan semua perangkat elektronik, termasuk unit iPhone, untuk menggunakan port USB C. Perusahaan yang tidak mematuhi peraturan tersebut akan mendapat sanksi denda.

Apple mungkin berpikir bahwa niat peralihan penggunaan port USB ini sebagai niat baik dari perusahaan untuk membantunya lolos dari denda, meski seri iPhone non-Pro lainnya tetap menggunakan port Lightning.

Alasan terakhir beralih ke USB C adalah untuk membantu lingkungan. Ide utamanya adalah agar pengguna memiliki pengisi daya yang universal sehingga tidak banyak sampah elektronik yang disebabkan banyaknya jenis port USB.

Meski masih satu tahun lagi sebelum model iPhone 14 diluncurkan, rumor lain telah berkembang begitu pesat. Termasuk soal ukuran, desan, chip, hingga sistem keamanan iPhone. 

Baca Juga: Oppo A95 Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harga

Mengutip Mac Rumors, iPhone 14 nantinya akan hadir dalam ukuran 6,1 inci dan 6,7 inci. Secara desain, iPhone 14 dirumorkan tidak akan memiliki lekukan di bagian depan dan hanya memiliki lubang kecil di tengah untuk kamera depannya.

Adapun untuk kamera belakang, rumor menyebutkan bahwa iPhone 14 akan hadir tanpa benjolan kamera sehingga kesan ramping akan sangat kentara.

Apple diperkirakan akan memperkenalkan seri iPhone 14 sekitar bulan September 2022, mengikuti jadwal peluncurkan dari tahun-tahun sebelumnya.



Sumber : Phone Arena, Mac Rumors

BERITA LAINNYA



Close Ads x